Pemkot Kotamobagu Mulai Gelar Tahapan Pemilihan Anggota BPD

oleh
Wiwi Sabunge, Kasubag Pemerintahan Desa/Kelurahan. (istimewa)

KOTAMOBAGU – Pemerintah  Kotamobagu melalui Bagian Tata Pemerintahan, mulai melakukan tahapan pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk 9 desa di Kecamatan Kotamobagu Timur dan Utara.

Kepala Bagian Tapem, melalui Kasubag Pemerintah Desa dan Kelurahan, Wiwi Anita Sabunge, Jumat (9/10) lalu  mengatakan, pada tanggal 6 Oktober 2020, para Sangadi (Kepala Desa) telah menyurat ke masing-masing BPD untuk penyampaian laporan kinerja akhir masa jabatan.

“Tahapannya sudah dimulai sejak 6 Oktober, dimana para sangadi menyurat ke BPD tentang penyampaian secara tertulis laporan kinerja selama menjabat anggota BPD dan jangka waktunya itu paling lambat 30 hari terhitung sejak disampaikan,” ujarnya.

Dia menambahkan, sesuai agenda yang sudah terjadwal, untuk tahapan selanjutnya yakni pembentukan panitia yang akan dilaksanakan pada 16 Oktober mendatang.

“Tahap selanjutnya pembentukan panitia. Sedangkan pendaftaran calon mulai dibuka pada tanggal 26 Oktober hingga 6 November,” tambahnya.

Untuk Kotamobagu tahapan tidak mengalami penundaan, karena kami sudah melakukan koordinasi ke Kemendagri lewat Dirjen Bina Pemerintahan Desa.

“Informasi yang diterima, kalau untuk pemilihan BPD pada bulan Februari itu sudah tidak masalah, karena setelah Pilkada serentak, akan turun lagi edaran secara nasional dari Kemendagri RI perihal pencabutan surat edaran penundaan pelaksanaan pemilihan BPD yang telah dilayangkan sebelumnya,” tutupnya. (yusuf daud)