Malam Ini, BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim Akan Melanda Wilayah Sitaro, Sangihe dan Talaud

oleh -
Sejumlah wilayah di Sulut seperti di Kota Manado rawan terjadi bencana pohon tumbang saat hujan deras mengguyur. (istimewa)

MANADO – BMKG memprediksi cuaca ekstrim baik hujan lebat disertai petir dan angin kencang masih akan berlangsung malam ini di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Sesuai update informasi lewat laman http://www.bmkg.go.id disebutkan cuaca ekstrim akan berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro, Talaud dan Sangihe hingga pukul 22.35 WITA, Minggu (18/10/2020).

Kepala BPBD Provinsi Sulut, Joy Oroh berharap, BPBD kabupaten/kota serta masyarakat dapat meng-update informasi dari BMKG terkait perakiraan cuaca.

“Ini sangat penting bagi kita untuk waspada awal. Karena cuaca ekstrim saat ini berpotensi terjadi bencana baik banjir, tanah longsor dan pohon tumbang,” tuturnya.

Ia juga berharap ada peran aktif dan pemerintah desa/kelurahan untuk mengingatkan dan mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran sungai dan perbukitan agar dapat melihat situasi cuaca ekstrim saat ini.

“Kalau hujannya terus berlangsung maka lebih baik mengungsi sementara. Mari kita saling terus mengingatkan soal ini,” ungkap Oroh.

Begitu juga, kata dia, warga yang beraktivitas di luar rumah agar waspada saat melintas di wilayah rawan banjir, longsor dan pohon tumbang. (rivco tololiu)