Berbahaya! Tak Ada Pagar Pembatas di Jembatan Atas Jalan Tol Manado-Bitung

oleh -
Tampak sekelompok orang yang berdiri bebas di atas jembatan yang ada di jalan tol Manado-Bitung yang tak dilengkapi pagar pembatas. (FOTO: Istimewa)

MANADO- Belum lama jalan Tol Manado-Bitung dibuka, telah banyak tanggapan masyarakat tentang fasilitas yang ada. Salah satunya ialah tak adanya pagar pembatas di Jembatan atas jalan tol tersebut.

General Manager The Sentra Manado, Tommy Soetrisno yang pada Minggu (18/10/2020) melewati tol, mendapati adanya sekelompok orang yang berdiri di pinggiran jembatan yang berada di atas tol. Ia pun mengabadikan kejadian itu dengan kamera ponselnya.

“Tidak seharusnya seperti ini. Jembatan atau jalan di atas jalan tol seharusnya dipasang pagar pengaman, sehingga aman bagi pengendara jalan tol maupun yang ada di atasnya,” bebernya kepada wartawan SINDOMANADO.COM, Senin (19/10/2020).

Menanggapi kejadian itu, Pengamat Sosial Sulawesi Utara (Sulut), Michael Mamentu menilai kejadian ini harusnya tak boleh terjadi. Jembatannya pun dinilai Mamentu tak sesuai dengan standar jalan tol.

“Harus ada pagar penghalang dengan ukuran yang memenuhi standar keamanan, terutama bagi pengguna jalan tol dan juga masyarakat yang melintas di atasnya,” ungkapnya.

Dia juga berharap agar patroli yang ada di jalan tol harus mampu meng-cover seluruh bagian jalan dan bukan hanya mengawasi para pengguna jalan tol saja.

“Untuk masyarakat, jangan sekali-sekali bermain di area jalan tol. Karena berbahaya buat diri sendiri dan juga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan tol yang dapat mengakibatkan adanya korban,” pungkasnya. (Fernando Rumetor)