Calon Kepala Daerah yang Tahu Tangani Pandemi Covid-19 Jadi Daya Tarik Masyarakat

oleh
Pengamat politik dan pemerintahan Ferry Daud Liando. (FOTO: Istimewa)

MANADO – Pengamat politik dan pemerintahan Ferry Daud Liando menilai komitmen calon kepala daerah dalam menangani pandemi Covid-19 jadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

“Faktor utama yang bisa menjadi daya tarik pemilih pada Pilkada Serentak 2020 adalah komitmen seluruh calon kepala daerah dalam pencegahan dan penanganan Covid-19,” ungkap Liando, Sabtu (7/11/2020).

Ia memberi apresiasi kepada KPU Sulut yang mengangkat topik penanganan, pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada debat publik perdana Pilgub Sulut, waktu lalu.

Selain soal Covid-19, kata Liando, debat pertama itu juga membahas soal kesehatan masyarakat, pencegahan bencana alam, pengembangan wilayah dan infrastruktur daerah.

“Saya perlu mengapresiasi kebijakan KPU yang mengangkat tema penanganan Covid-19 pada debat calon Gubernur Sulut. Hal ini sejalan dengan sikap Mendagri Tito Karnavian dan Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni yang selama ini terus mendorong pemerintah dan masyarakat patuh pada protokol kesehatan,” tukasnya.

“Sebab yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini adalah bagaimana mereka tetap aman dan terlindungi dari Covid-19, serta tidak terdampak secara ekonomi akibat terbatasnya aktivitas masyarakat,” sambungnya.

Disamping itu, Liando berharap kepada seluruh paslon untuk melakukan inovasi dalam penanganan Covid-19 di Sulut selain dari pendekatan 4M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan) dan 3T (testing/pemeriksaan, tracing/pelacakan dan treatment/pengobatan.

“Kebanyakan argumentasi dalam debat hanya mengadopsi apa yang sudah dilakukan pemerintah pusat seperti pendekatan 3M bagi masyarakat dan pendekatan 3T bagi pemerintah.

Harusnya ada pendekatan kebijakan atau program yang sifatnya kearifan lokal. Perlu inovasi dan pendekatan lain agar kebijakan pemerintah pusat dalam penanganan Covid-19 bisa efektif diterapkan di daerah,” paparnya.

Lebih jauh, Liando juga mengapresiasi penanganan Covid-19 yang selama ini dilakukan Pjs Gubernur Fatoni di Bumi Nyiur Melambai.

“Memang selama ini pemerintah daerah cukup gencar melakukan pencegahan dan itu pula yang menjadi semangat Pjs Gubernur Agus Fatoni sejak dipercayakan memimpin daerah ini.

Semoga saja apa yang menjadi semangat pak Agus Fatoni akan dilanjutkan oleh siapa calon yang nantinya akan terpilih,” tutupnya.

Diketahui, ada tiga pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut pada Pilgub Sulut 2020 yaitu, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL), Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene (VAP-HR), dan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK). (rivco tololiu)