Terjadi di Zona Merah, Partisipasi Pemilih Tertinggi Pilkada Serentak 2020

oleh -
Penyerahan Berita Acara Pleno rekapitulasi penghitungan Pilgub dan Surat Keputusan penetapan rekapitulasi Hasil penghitungan suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon 2020. (Foto: Wailan Montong)

TOMOHON- Selain kesuksesan menjalankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di tengah situasi pandemi, hasil fantastis juga ditorehkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon dalam hal partisipasi pemilih. Meskipun Tomohon berada di zona merah terkait penyebaran Covid-19, tidak menyurutkan semangat masyarakat menggunakan hak pilihnya. Dimana dari hasil rekap yang diperoleh baik Pilgub maupun Pilwako menghasilkan angka 91% tingkat pemilih. Dengan presentasi tersebut, membuat Tomohon meraih peringkat satu skala nasional.

Hal tersebut diakui Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut dalam lanjutan Rapat Pleno Terbuka tingkat Kota, rekapitulasi perhitungan suara Pilgub dan Pilwako di Grand Master Hotel, Selasa(15/12/2020). “Tingkat partisipasi pemilih berbanding dengan Pemilu sebelum ada kenaikan. Total jumlah pemilih di Tomohon dalam Pemilihan Gubernur 68.577 menghasilkan 91,53% sementara untuk Pemilihan Wali Kota Tomohon 68.404 pemilih menyentuh angka 91,37%,” urai Lasut.

Hal tersebut menandakan kembali baik penyelenggara maupun masyarakat menjaga tren positif dari setiap gelaran Pemilu di Tomohon. “Melihat peningkatan partisipasi, bahwa masyarakat Tomohon Melek berdemokrasi. Dari tingkatan tersebut ini gambaran umum, masyarakat ingin menggunakan hak pilihnya, dan masyarakat percaya, meskipun di tengah pandemi dengan penerapan protokol kesehatan ketat,” lanjut Lasut.

Berkaca dari data tersebut menghasilkan kenaikan dibanding Pilkada 2015 silam. Dimana capaian pilkada sebelumnya menghasilkan angka parti
87,23% partisipasi 2015 silam dari 70.010 pemilih.

Apresiasi juga mengalir dari Pemerintah Kota Tomohon, melalui Plh Sekretaris Kota Tomohon Dr Juliana D Karwur menuturkan sesuai hasil virtual meeting bersama Mendagri menyebutkan Tomohon sebagai kota dengan partisipasi pemilih tertinggi se Indonesia. “Kita telah sukses menyelesaikan Pilkada, Tomohon disebutkan oleh Menteri dalam rapat tersebut dengan partisipasi pemilih tertinggi tingkat Kota dengan presentasi 91,98% membuktikan peran kita bersama dalam menyukseskan Pilkada berjalan dengan baik,” jelas Karwur saat dialog bersamaa dengan awak media Kamis(17/12/2020). (Wailan Montong)