Ini Syarat Penerima Vaksin Covid-19 Tahap Satu di Minahasa Tenggara

oleh
Penyaluran vaksin di Minahasa Tenggara. (FOTO: Istimewa)

RATAHAN- Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara telah menerima distribusi Vaksin, Jumat 29/01/21. Rencananya vaksin jenis Sinovac akan langsung digunakan pertama dengan pencanangan di Rumah Sakit Mitra Sehat, Senin pekan depan.

Adapun dalam pemberian vaksin ini, untuk tahap satunya diprioritaskan bagi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan Tenaga Kesehatan (Nakes).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra, Helny Ratuliu mengatakan, distribusi vaksin akan dilakukan di 13 puskesmas dan rumah sakit yang ada diwilayah Mitra. Proses distribusinya pun akan dikawal ketat oleh aparat.

“Rencananya dalam pencanangan nanti, Bupati Mitra, James Sumendap, SH, akan menjadi orang pertama yang menerima vaksin di Kabupaten Mitra,” katanya.

Sementara itu kata Helny, syarat bagi calon penerima vaksin Covid-19 sendiri harus melewati tahap screening riwayat kesehatan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan.

Vaksin Covid-19 ini diberikan bagi usia 18-58 tahun dan apabila calon penerima vaksin memiliki faktor penyakit, seperti hipertensi, penyakit gula, reaksi alergi berat, asma dalam serangan, ibu hamil dan menyusui, ataupun penyintas (pernah terpapar Covid-19), maka pemberian vaksinasi ditunda atau belum akan diberikan.

“Tenaga kesehatan di Kabupaten Mitra ada 522 yang dimasukkan di Pusdatin Kemenkes. Dengan demikian jumlah vaksin yang ada cukup untuk tahap pertama nanti. Sementara untuk vaksinator berjumlah 33 orang,” jelasnya.

Usai vaksinasi tahap 1 bagi Forkopimda dan tenaga kesehatan, selanjutnya ada vaksinasi tahap dua bagi TNI-Polri dan pejabat publik, kemudian vaksinasi tahap 3 bagi masyarakat dengan mekanisme pelaksanaan vaksinasi sama dengan tahap pertama harus ada screening riwayat kesehatan. (Marvel Pandaleke)