Survei: Tingkat Kepuasan Terhadap Kinerja Presiden Jokowi Capai 65%

oleh -
Menjelang 1,5 tahun kepemimpinan Jokowi jilid II, tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden cukup baik yakni mencapai 65,4%. (FOTO/DOK.SINDOnews)

JAKARTA – Lembaga survei Parameter Politik Indonesia merilis hasil survei nasional tentang tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin . Dalam temuan survei, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi cenderung baik.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menyatakan, menjelang 1,5 tahun kepemimpinan Jokowi jilid II, tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden cukup baik yakni mencapai 65,4%. “Sementara yang tidak puas mencapai 29,1%,” tutur Adi kepada MNC Portal Indonesia, Senin (22/2/2021).

Adi mengatakan, meski mayoritas merasa puas, tapi ada beberapa segmen masyarakat yang cenderung besar ketidakpuasannya. Di antaranya adalah warga Banten, Jakarta, Jawa Barat (42,4% tidak puas), pendidikan tinggi (44,2% tidak puas).

Adi melanjutkan, ketidakpuasan juga dirasakan konstituen beberapa partai politik seperti PKS (64,1% tidak puas), GERINDRA (44,2% tidak puas) dan, DEMOKRAT (46,1% tidak puas) serta simpatisan FPI (66,6% tidak puas), Muhammadiyah (50,2% tidak puas) serta organisasi kepemudaan (65,0% tidak puas).

Sementara itu, lanjut Adi, kepuasan terhadap kinerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin cenderung lebih rendah dengan angka kepuasan mencapai 50,8%. “Sementara yang tidak puas mencapai 43,8%,” ujar Adi.

Adi menjelaskan, salah satu faktor yang membuat tingkat kepuasan terhadap kinerja wapres menurun adalah minimnya respons wapres terhadap beberapa isu yang belakangan cukup krusial, terutama yang berkaitan dengan Islam politik.

(Sumber: sindonews.com)