Polda Sulut Siagakan 300 Personel untuk Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan di Masa Peralihan Musim

oleh -
Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra meninjau kesiapan personel dan peralatan pendukung usai apel kesiapan dalam menghadapi ancaman karhutla, Rabu (24/2/2021).

MANADO — Memasuki masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, Polda Sulawesi Utara menggelar apel kesiapan dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Lapangan AKP Bryan Tatontos, Mapolda Sulut, Rabu (24/2/2021).

Dalam arahannya kepada personel, Kapolda Sulut mengatakan, musim penghujan sebentar lagi akan beralih ke musim kemarau. Dimana, jika musim kemarau tiba, kebiasaan masyarakat sudah mulai membakar lahan atau membuka lahan dengan cara membakar. “Nah ini tidak boleh terjadi. Karena itu saya minta kita (Polri) untuk apel kesiapan menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan,” ujar Irjen Pol RZ Panca Putra.

Kapolda berharap seluruh personel harus sudah siap menghadapi hal tersebut, dengan mempersiapkan diri dan seluruh peralatan pendukung.

“Pahami apa yang menjadi tugas Anda, siapkan diri dan peralatan anda dengan sebaik-baiknya,” tegas Kapolda.

Berdasarkan Surat Perintah Kapolda Sulawesi Utara, personel yang tergabung dalam pelaksanaan kegiatan penanganan kebakaran hutan dan lahan ini berjumlah sekira 300 personel. (deidy wuisan/get)