H2M Minta, PD Harus Profesional dan Berkontribusi Untuk Pembangunan Desa 

oleh -
Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Herson Mayulu. (FOTO:Istimewa)
BOLSEL – Melaksanakan agenda kerjanya di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, (Bolsel), Anggota Komisi V, DPR-RI, Hi Herson Mayulu, melakukan pertemuan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolsel bersama denganbpara tenaga pendamping desa (PD) se Kabupaten setempat. Pertemuan ini pun dilaksanakan di kediamannya perkebunan Kima, belum lama ini.
Dalam arahannya, H2M sapaan akrab wakil rakyat bumi nyiur melambai di Senayan itu berharao agar, Pendamping Desa benar-benar profesional dalam bekerja. “Dalam setiap kesempatan rapat kerja maupun, rapat degar pendapat dengan menteri desa, saya selalu menyampaikan soal perlunya regulasi yang mengatur kewenangan pendamping desa di dalam melakukan pekerjaannya. Sehingga, bisa berjalan baik dan efektif,” ungkap Herson.
Lanjut mantan Bupati Bolsel dua periode ini mengatakan lagi, dengan kewenangan yang mantap, tentu pendamping desa selain dapat membantu perencanaan pembangunan desa juga dapat memberikan kontribusi dalam perbaikan tata kelola keuangan desa.”Intinya, agar pendamping desa pun mampu berkontribusi aktif dalam perencanaan pembangunan di desa,” tegasnya.
Om Oku juga merespon beberapa keluhan yang disampaikan oleh sejumlah tenaga ahli P3MD terkait keterlambatan gaji. Menurutnya, ia secara lansung telah menghubungi Sekjen Kemendes Taufik Madjid melalui via WhatsApp. “Menurut Sekjen, tunggakan gaji akan segera dibayarkan pada bulan inj, meski secara bertahap,” kata Mayulu.
Sementara itu, dalam kesempatan pertemuan ini, Kepala DPMD Bolsel, Ekafrie Gobel menyampaikan, pihaknya bekerjasama dengan pendamping desa telah menggagas pembentukan Sistim Informasi Desa (SID). “SID ini bertyjuan, memberikan akses luas kepada segenap pemangku kepentingan, termasuk Kemendes dalam memantau pelaksanaan pembangunan desa di Bolsel,” ungkap Ekafrie.
Terpisah, Tenaga Ahlі P3MD, Luсkу Chandra Makalalag mеnуаmраіkаn, tеrіmа kаѕіh kераdа anggota DPR RI Hеrѕоn Mауulu, yang tеtар kоnѕіѕtеn mеnjаdі ѕаndаrаn pendamping desa dalam mеnеrіmа aspirasi dan kеluhаn.
“Aspirasi уаng kami ѕаmраіkаn, ѕеlаіn untuk mеnjаgа ѕеmаngаt kеrjа, jugа untuk реrbаіkаn kinerja pendamping yang muаrаnуа tеntu bаgі реmbаngunаn desa іtu ѕеndіrі,” ungkapnya. (Irfani alhabsyi)