Defense Scheme Bekerja Atasi Gangguan Transmisi, Sistem Kelistrikan Sulut dan Gorontalo Bertahap Dipulihkan

oleh
Tampak Tim PLN berusaha memulihkan sistem kelistrikan SulutGo yang mengalami gangguan transmisi. (ist)

MANADO — PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo bersama Unit Pengatur Distribusi (UP2D) Suluttenggo bertindak cepat untuk mengatasi terhentinya pasokan listrik, pada pukul 15.43 Wita.

Penyebabnya, karena terjadi gangguan pada sistem Transmisi Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sistem SulutGo) yang berdampak hilangnya tegangan pada beberapa gardu induk.

Penelusuran yang sedang dilakukan Tim Unit Reaksi Cepat (URC) PLN, dimana Gardu Induk yang padam meliputi GI Ranomut, GI Tanjung Merah, GI paniki dan GIS Teling.

“Juga di GIS Sario, GI Lopana, GI Otam, GI Lolak, GI Baroko dan GI Amurang sehingga menyebabkan total padam 224 MW dari 330 MW,” ujar General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki dalam pernyataan tertulis, Rabu (3/3/2021).

Lanjut dia, Tim URC Petugas PLN saat ini dalam proses menangani pemulihan dan melakukan sinkronisasi seluruh pembangkit untuk kembali masuk sistem SulutGo. “Bekerja sama dengan PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran (UIKL) Sulawesi,” paparnya.

Diketahui, sekira pukul 18.35 Wita, lima dari delapan Gardu Induk (GI) sudah berhasil dinormalkan dengan sistem defense scheme sehingga daerah terdampak tidak makin meluas. Tahap penormalan berikutnya, adalah GI Teling, GI Lopana dan GI Otam yang sudah mulai bertegangan.

Daerah terdampak yang masih dalam penormalan meliputi Kota Manado, sebagian Kabupaten Minahasa Utara dan sebagian Kota Bitung, serta Wilayah Kotamobagu dan sekitarnya.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyaman Pelanggan akibat terhentinya pasokan tenaga listrik dan terus berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik demi pelayanan terbaik untuk masyarakat,” tutur Leo.

Masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui Contact Center PLN 123 yang dapat diakses lewat telepon (kode area) 123, media sosial facebook di PLN 123. Serta Twitter di @pln_123, Instagram @pln123_official, email di pln123@pln.co.id, atau melalui aplikasi one stop service, PLN Mobile demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja. (fernando rumetor/get)