Tunjangan Kinerja Daerah untuk ASN Bolsel Dibayarkan April

oleh -
Tampak Apel ASN di lingkungan Pemkab Bolsel. (FOTO: Istimewa)

BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Iskandar Kamaru menegaskan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) agar tidak perlu khawatir soal pemberian Tunjangan Kinerja Daerah (TKD).

Menurut dia, untuk pembayaran TKD akan mulai terhitung pada April mendatang. “Tidak usah galau atau khawatir, soal TKD insya Allah April akan dibayarkan,” kata Bupati.

Disampaikannya, dihitungnya TKD ASN mulai April mendatang lantaran adanya kebijakan refokusing anggaran untuk penanganan Covid-19. “Tahun ini sekira Rp45 miliar yang kembali ditarik oleh pemerintah pusat untuk penanganan Covid-19, sehingga memengaruhi kondisi keuangan di daerah. “Dampaknya beberapa program fisik terpaksa ditunda dulu, demikian juga pada TKD dan honor THL, serta beberapa kegiatan pemda turut terdampak,” jelasnya.

Pun demikian, Kamaru menegaskan Pemkab Bolsel sangat memperhatikan kesejahteraan para ASN. “Kita semua berharap wabah pandemi ini akan segerah selesai, sehingga tidak lagi memberi dampak pada sendi-sendi ekonomi kita,” harapnya.

Ia menambahkan, TKD menjadi salah satu penyemangat ASN dalam bekerja dan meningkatkan kualitas kerjanya. “Apalagi saat ini dalam penerapannya sudah mengunakan aplikasi e-Kinerja, yang menjadi dasar pemberian TKD,” katanya.

Dia berharap dengan adanya kebijakan ini, tidak membuat ASN loyo dalam melaksanakan tugas dan tangungjawabnya sebagai seorang Abdi negara. “Saya haral kalian tetap optimal dalam bekerja. Jangan kemdor hanya gara-gara TKD belum ada. Karena kerja-kerja kalian akan dievaluasi,” pintanya.

Kamaru menambahkan, jika pun sampai saat ini belum menerima TKD, ia berharap hal tersebut jangan diubar-umbar, bahkan sampai ke media sosial. “Jika kedapatan, sanksi tegas akan saya berikan,” tegasnya. (Irfani Alhabsyi)