Wamendag Jerry Sebut Produk UMKM Sulut Layak Bersaing di Pasar Ekspor dan Kemendag Siap Fasilitasi

oleh -
Wamendag Jerry Sambuaga (kemeja kuning) didampingi Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat dan Kepala Diskop dan UKM Sulut Ronald Sorongan meninjau produk-produk UMKM yang dijual di Kios UMKM Sulut, Rabu (10/3/2021).

MANADO — Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia, Jerry Sambuaga menyatakan pihaknya (Kementerian Perdagangan) all out untuk memberi pendampingan produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Utara (Sulut) untuk bisa merambah serta bersaing di pasar ekspor.

Hal itu diungkapkan Wamendag usai melihat langsung produk-produk asli buatan warga Nyiur Melambai di Kios UMKM Provinsi Sulut, di Kelurahan Tingkulu, Manado, Rabu (10/3/2021). “Produk UMKM dari 15 kabupaten/kota di Sulut tidak kalah dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Banyak produk khas yang potensial di pasar ekspor dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) pasti mendukung penuh,” ujar Jerry.

Wamendag Jerry Sambuaga saat sharing produk UMKM Sulut dengan Presiden IMA Manado Ivanry Matu (paling kanan) dan Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat.

Lanjut dia, Kemendag nantinya bakal memberi pendampingan untuk packaging agar produk lebih menarik dan kualitasnya standar ekspor. “Kami akan memaksimalkan atase perdagangan yang berada di 33 negara agar produk-produk UMKM Sulut bisa dipasarkan di sana. Karena ini sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi untuk memperkuat eksistensi UMKM,” tukas politikus muda Partai Golkar itu.

Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) Manado, Ivanry Matu mengapresiasi kepedulian tinggi Wamendag untuk memasarkan produk UMKM Sulut di tingkat internasional. “Tentu ini menjadi berita sangat menggembirakan bagi kami pelaku UMKM. Kita patut berbangga karena Wamendag Jerry Sambuaga yang merupakan putra asli Sulut sangat peduli dengan kemajuan daerah. Dan memberi prioritas untuk produk UMKM Sulut bersaing di pasar ekspor,” tutur Ivanry.

Tampak mendampingi Wamendag, Staf Ahli Kemendag Gretty Tielman, Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut Ronald Sorongan dan Kepala Disperindag Sulut Edwin Kindangen. (kimgerry)