Dinas Pariwisata Manado Dorong Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia di Sektor Ekonomi Kreatif

oleh -
Tampak suasana Rapat Koordinasi Fasilitasi Pengembangan Kompetensi SDM Ekonomi Kreatif Kota Manado di Hotel Grand Puri Manado, Rabu (17/3/2021).

MANADO — Dinas Pariwisata (Dispar) Manado tak henti melakukan upaya pengembangan ekonomi kreatif di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara.

Salah satunya, dengan mendorong pengembangan sumber daya manusia (SDM) pelaku ekonomi kreatif. “Kami akan terus memfasilitasi pengembangan SDM sektor ekonomi kreatif lewat seminar atuapun pelatihan,” ujar Kepala Dispar Lenda Pelealu ketika membuka Rapat Koordinasi Fasilitasi Pengembangan Kompetensi SDM Ekonomi Kreatif Kota Manado di Hotel Grand Puri Manado, Rabu (17/3/2021).

Dikatakannya, pelaksanaan rakor ini merupakan salah satu upaya dan inisiatif Pemerintah Kota Manado dalam rangka pengembangan SDM yang bergerak di sektor ekonomi kreatif. “Perkembangan ekonomi kreatif di Kota Manado sudah melewati serangkaian proses yang terorganisir.

Para peserta rakor pengembangan SDM ekonomi kreatif juga mendapatkan uji psikotest dari Fakultas Psikologi IAKN Manado.

Di antaranya, rakor antardinas terkait, rakor alternatif Kota Manado sebagai creative hub pada DPSP Likupang, diskusi kelompok terpumpun sampai dengan pengambilan data kuisioner dengan melibatkan unsur-unsur Penta Helix dalam bekerja sama dengan Tim Ahli Ekonomi Kreatif Kota Manado yang merujuk pada Peta Jalan dan Rencana Aksi Ekonomi Kreatif di Kota Manado,” ujar mantan Kadispora Manado ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Industri Pariwisata Dispar Kota Manado Jein Barantian mengatakan, rakor bersama pelaku- pelaku industri kreatif di Kota Manado sangat esensial untuk meningkatkan image atau citra Manado ke depannya. Dan dalam rangka untuk memajukan potensi daerah melalui pengembangan pariwisata sebagai prioritas pembangunan dan kreativitas daerah di Sulawesi Utara. “Kegiatan ini adalah implementasi program dan kegiatan Dinas Pariwisata Kota Manado 2021, guna memperkuat integrasi program dan kegiatan Pemerintah Kota Manado secara keseluruhan dalam pencapaian Visi dan Misi Kota Manado,” tutur Barantian. (kimgerry)