Bangga Buatan Sulut, Event Gebyar Dekranasda Sulut 2021 Menghentak 7-9 April

oleh -

MANADO – Gebyar Dekranasda Sulut 2021 yang bakal digelar pada 7-9 April 2021 nanti dipastikan bakal meriah dan dipenuhi beragam kegiatan menarik guna mendukung geliat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) destinasi wisata super prioritas Likupang.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Bidang Kreatif Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Merry Karouwan saat dihubungi wartawan KORAN SINDO MANADO pada Sabtu (3/4/2021).

“Pada 7 April di Desa Marinsow akan ada kegiatan pelatihan kerajinan tangan untuk masyarakat setempat dan juga ada dari komunitas pecinta alam daur ulang sampah di Likupang,” tandas Merry yang juga Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Sulut.

Selanjutnya, kata Merry, pada 8 April 2021 nanti Ketua Dekranasda Sulut yakni Rita Dondokambey-Tamuntuan akan meresmikan secara langsung Griya Dekranas atau Rumah Dekranas di Desa Kinunang, Likupang Timur, Minahasa Utara (Minut).

“Dan karena ada kaitannya dengan pariwisata, maka pada malamnya 8 April itu kita akan membuat suatu acara yakni ‘Tourism Night’. Jadi disitu para pelaku pariwisata akan hadir dan menginap. Dimana akan ada juga acara menarik yakni Fashion Show dari Ikatan Noni Sulut yang akan berbentuk story telling tentang asal usul Desa Marinsow,” jelasnya.

“Ada juga Festival Kuliner dari daerah setempat yang bakal dilakukan di Desa Pulisan. Disaat yang bersamaan juga akan diadakan rapat koordinasi (Rakor) Dinas Pariwisata se-Sulut. Kita bersatu padu untuk menunjang KEK Pariwisata yang sudah diberikan kepada Sulawesi Utara,” ungkap Merry.

Dirinya pun berharap agar rangkaian kegiatan dan acara pada Gebyar Dekranasda Sulut 2021 dapat menunjang program pemerintah dalam hal pengembangan KEK Pariwisata Likupang yang merupakan salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas yang digenjot oleh Presiden Joko Widodo.

“Kita juga mengharapkan ada geliat dan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat lewat terlaksananya kegiatan ini,” paparnya seraya menyampaikan bahwa pada 9 April 2021 akan dilaksanakan kegiatan eksplor Likupang. “Salah satunya kita akan eksplor Batu Nona dan Bukit Larata. Selanjutnya kita akan ke Pantai Pulisan juga,” bebernya.

Kegiatan ini sendiri bakal dibuka oleh Ketua Harian Dekranasda Provinsi Sulut yakni Edwin Kindangen yang juga merupakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Sulut, serta Henry Kaitjily yang adalah Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sulut.

“Acaranya Gebyar Dekranasda Sulut 2021 sendiri bakal dibuka oleh Ketua Harian Dekranasda Sulut bersama dengan Ketua Dekranasda Minahasa Utara, ibu Rizya Ganda Davega,” kunci Merry. (Fenando Rumetor)