Realisasi PAD Bapenda Sulut Lampaui Target di Triwulan I, Olvie Atteng: Capaian PKB Mulai Bagus

oleh -
Kepala Bapenda Sulut Olvie Atteng mendengarkan pemaparan di masing-masing bidang dalam rapat evaluasi Bapenda Sulut. (istimewa)

MANADO – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dapat merealisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan melampaui target di triwulan I tahun 2021.

Itu terkuak dalam rapat evaluasi yang digelar di Kantor Bapenda Sulut, Selasa (13/4/2021).

“Kita laksanakan rapat termasuk melakukan evaluasi kinerja di masing-masing bidang, sekaligus melihat capaian PAD,” kata Kepala Bapenda Sulut, Olvie Atteng.

Ia menjelaskan, realisasi PAD di triwulan I dapat melampaui target yang ditetapkan.

“Triwulan I target PAD kita sebesar 15%. Tetapi kita bisa merealisasikan sebesar 20%,” bebernya.

Meski begitu, Olvie tidak cepat puas karena harus memutar otak untuk mencapai realisasi target PAD di triwulan II.

“Memang target PAD di triwulan II lebih besar. Makanya kita harus tetap kerja keras dan rutin melakukan evaluasi,” terangnya.

Mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulut ini mengakui, realisasi PAD triwulan I sangat ditunjang capaian dari Pajak Kendaraan Bermotor (PAD).

“Berdasarkan trend yang ada, capaian PKB mulai bagus. PKB memang mendominasi realisasi PAD. Kita akan terus genjot supaya maksimal,” tukasnya.

Olvie mengungkapkan, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi terkait digitalisasi yang mengantar ke sistem pembayaran non tunai. (rivco tololiu)