DPRD Gelar Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

oleh -
DPRD Boltim menggelar rapat paripurna. (FOTO: Istimewa)

BOLTIM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar Rapat Paripurna, dalam rangka penandatanganan nota kesepakatan rancangan awal RPJMD Kabupaten Boltim Tahun 2021-2026, di Aula Kantor DPRD, Selasa (04/05).

Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Medy Lensun. Dalam sambutannya, bahwa sesuai undang-undang nomor 24 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional, menyatakan bahwa RPJMD merupakan penjabaran dari visi-misi dan program kepala daerah, yang penyusunannya berpedoman terhadap RPJMD dan memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional.

DPRD menggelar rapat paripurna. (FOTO: Istimewa)

“Sebagaimana ketentuan peraturan Mendagri nomor 86 tahun 2017, tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, cara evaluasi tentang RPJPD, RPJMD dan RKPD, pasal 49 ayat 3, bahwa pengajuan RPJMD harus disampaiakn paling lambat 40 hari sejak kepala daerah dan wakil dilantik. Selanjutnya, ayat 4 bahwa pembahasan dan kesepakatan terhadap rancangan awal RPJMD paling lambat 10 hari sejak diterima DPRD, kemudian bupati mengkonsultasikan RPJMD kepada gubernur paling lambat sejak lima hari setelah dokumen diterima secara lengkap,” kata Medy.

Rapat paripurna. (FOTO: Istimewa)

Medy juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Boltim, yang telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-8 kalinya. Menurutnya, ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi kabupaten yang baru berusia 12 tahun, namun sudah meraih opini WTP sebanyak delapan kali berturut-turut.

“Ke depan nanti, kiranya kita semua terus berusaha memberikan yang terbaik. Sehingga opini WTP ini tidak hanya menjadi predikat, tapi juga memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat Boltim. Mari kita terus giatkan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas, untuk Kabupaten Boltim yang lebih maju dan bersinar,” ajaknya. (Adv)