Pemkab Boltim Usulkan 280 Kuota CPNS dan 215 PPPK Tenaga Guru

oleh -
(Ilustrasi: Istimewa)

BOLTIM – Tahun ini, Sebanyak 280 kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021, kembali diusulkan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), serta Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 215, khusus tenaga guru.

Hal ini disampaikan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto dihadapan Kemenpan-RB, saat menghadiri undangan Bimbingan Teknis (Bimtek), Kebijakan Strategis Pemerintah Pusat dalam rangka penyederhanaan birokrasi, guna mendorong efektivitas dan efisiensi kinerja ASN bertempat di Kantor Gubernur Sulut.

“Perihal usulan CPNS Tahun 2021, Pemkab Boltim telah mengusulkan 280 formasi CPNS ke Kemenpan-RB dan usulan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja sebanyak 215 khusus tenaga guru,” kata Sachrul.

Senada yang dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim Reza Mamonto, belum lama ini, bahwa Pemkab Boltim mengusulkan untuk kuota CPNS tahun ini sekitar 280 kursi.

“Total usulan kuota CPNS Boltim terbagi di beberapa formasi diantaranya formasi tenaga teknis 140 kursi, tenaga kesehatan 118 kursi, dan untuk tenaga guru yang diajukan hanya guru agama Islam dan agama Kristen sebanyak 22 kursi,” terang Reza.

Sedangkan Untuk perekrutan PPPK sendiri, lanjutnya, Pemkab Boltim akan merekrut sebanyak 215 kursi, yang dikhususkan untuk tenaga guru yang sudah terdaftar di data pokok pendidik (Dapodik).

“Ini yang menjadi skala prioritas dari MenPan dan MenDiknas,” ujarnya. Ditambahkannya, terkait dengan nasib para honorer daerah yang masuk dalam Kategori-2 (K-2) tenaga teknis, pihaknya masih menunggu petunjuk dari pusat. “Kedepan, tidak ada lagi yang namanya honorer. Karena akan dialihkan ke PPPK bagi mereka yang memenuhi syarat,” tandasnya. (Novianti Kansil)