Wakil Bupati Sangihe Berpulang, Ketua Nusa Utara Bersatu Sampaikan Duka Mendalam

oleh
Wakil Bupati Sangihe, Helmud Hontong. (Istimewa)

JAKARTA – Duka mendalam disampaikan Ketua Nusa Utara Bersatu (NUB) Steven Setiabudi Musa atas berpulangnya Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong. Anggota Komisi II DPRD DKI itu mengaku sangat kehilangan seorang sahabat baik, sosok pejabat sederhana dan rendah hati.

“Kami berteman baik. Kalau kunjungan ke Jakarta, ia sering menghubungi saya. Kami diskusi. Tak hanya baik, ia teman diskusi yang menyenangkan. Mencari sosok pejabat sederhana, pintar, rendah hati, merakyat dan pekerja keras seperti almarhum sulit. Kita berduka, kita kehilangan sosok periang dan bersahaja” kata Steven, kemarin.

Saat mendapat kabar sahabatnya itu meninggal di pesawat, mantan koordinator wartawan KONI Pusat mengaku kaget dan seperti tidak percaya.“Kita mengamini otoritas Tuhan yang telah memanggil pulang Embo Helmud. Kita percaya Embo kini bahagia di sisi Bapa di Surga. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan penghiburan,” ujar legislator dua periode ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Helmud meninggal dunia di dalam pesawat saat penerbangan dari Denpasar menuju Makassar, Rabu (9/6/2021).

Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Iwan Risdianto membenarkan hal tersebut. Dia menjelaskan bahwa Helmud Hontong merupakan penumpang transit dengan rute Denpasar-Makassar-Manado.

“Iya betul ada penumpang meninggal dalam pesawat saat terbang. Korban penumpang transit di bandara Sultan Hasanuddin Internasional Airport Makassar dan katanya Wakil Bupati,” kata Iwan kepada wartawan, Rabu (9/6/2021) malam.

Sementara itu, Erdawati Simon, keponakan Wabup mengatkan, pihaknya keluarga sudah akan menuju Manado. “Benar Papa Embo telah meninggal, kami keluarga saat ini siap-siap ke Manado untuk menjemput jenazah beliau, jika tidak ada halangan besok akan di bawah ke Tahuna” ujarnya, Rabu malam.

Helmud diketahui berpasangan dengan Jabes Gaghana pada Pilkada 2017. Duet yang diusung Partai Golkar itu memenangi Pilkada dan kemudian dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sangihe.

Sebelum menjabat Bupati, Helmud merupakan anggota DPRD Kepulauan Sangihe dua periode, 2009-2014 dan 2014-2019. Banyak yang merasa kehilangan atas kepergiaannya. Selamat jalan putra terbaik Sangihe. (Andy/Wolter)