Genjot Program Vaksinasi Hebat, Wali Kota Andrei Angouw Targetkan Capai Herd Immunity Oktober Mendatang

oleh -
Wali Kota Manado Andrei Angouw bersama Sekkot Micler Lakat saat meninjau vaksinasi di Kantor OJK, Selasa (15/6/2021). (fernando rumetor).

MANADO — Wali Kota Manado Andrei Angouw memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado akan terus menggenjot program Vaksinasi Hebat di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini.

Hal itu disampaikan wali kota, usai meninjau vaksinasi massal Covid-19 bagi insan industri jasa keuangan di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara (Sulutgomalut), Selasa (15/6/2021).

“Hingga saat ini sudah sekira 110.000 warga yang telah divaksin di Kota Manado. Rata-rata 2.000-an orang yang divaksin setiap hari. Kita pun menargetkan bisa sampai 4.000 orang per hari,” ujar Wali Kota Andrei Angouw.

Angouw menyebut, pihaknya juga menargetkan bisa memvaksinminimal 60% dari seluruh penduduk Manado yang berada di atas usia 18 tahun. Dimana, kata dia, ada sekira 326.000 masyarakat berusia di atas 18 tahun.

Foto bersama jajaran pimpinan OJK di sela-sela peninjauan vaksinasi massal bagi insane industri jasa keuangan. (fernando rumetor)

“Target kita itu mudah-mudahan pada Oktober atau mungkin paling lama Desember nanti, kita sudah bisa memvaksinasi semua warga. Tapi cakupan vaksinasi kita kalau sudah di angka 60%, kita sudah bisa mencapai herd immunity,” tukasnya.

Lanjut Wali Kota Andrei Angouw, berkaca dari Amerika Serikat yang sudah mencapai cakupan vaksinasi sebesar 62% untuk dosis pertama dan sudah 52% yang divaksin dosis kedua. Itu artinya Amerika Serikat akan segera mencapai herd immunity.

“Disana sudah hampir mencapai herd immunity, kasus sudah mulai menurun dan keadaan mulai membaik. Kita berharap agar kita disini juga bisa secepatnya mencapai cakupan vaksinasi di angka 60% ini,” beber Angouw.

Ia pun memastikan bahwa ketersediaan vaksin Covid-19 di Kota Manado masih aman. “Di semua Puskesmas ready (tersedia vaksin Covid-19). Di Dinkes juga ready. Dan setiap hari bukan hanya di Puskesmas dan Dinkes, tapi banyak juga di rumah-rumah ibadah,” pungkas Wali Kota Andrei Angouw. (fernando rumetor)