Bank Indonesia Sulut Sukses Gelar Urban Economy Festival 2021

oleh -
Urban Economy Festival 2021 yang digelar KPw BI Sulut. (Foto: Fernando Rumetor)

MANADO – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sukses menyelenggarakan kegiatan Urban Economy Festival/(Urban Fest) di tahun 2021. Ini merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk mendukung pengembangan ekonomi Sulut.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2021 ini Urban Fest merupakan bagian dari Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata #DiIndonesiaAja (BWI) 2021.

Diketahui, Bumi Nyiur Melambai merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Gernas BBI BWI pada bulan Juli 2021 dengan tajuk ‘Pelangi Sulawesi — dari Sulawesi ke Mancanegara’.

“Secara khusus, melalui Urban Fest ini diharapkan dapat menjadi bagian dari sinergi dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif khususnya pelaku usaha di Sulut,” ungkap Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat.

Dalam keterangan tertulis, Jumat (9/7/2021), Arbonas juga berharap agar kegiatan Urban Economy Festival 2021 ini mampu mendorong masyarakat untuk lebih bangga lagi terhadap produk dan wisata dalam negeri.

Pameran ini dilaksanakan di Megamall Manado selama tiga hari, yakni 8-10 Juli 2021. Dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini dan penerapan PPKM, maka kegiatan Urban Fest tahun 2021 dilaksanakan hanya dalam bentuk pameran produk UMKM.

“Kami melibatkan 15 UMKM Iokal yang telah Iolos proses kurasi produk yang dilakukan oleh BI dan BNI. Mereka ini terbagi ke dalam beberapa kategori antara Iain kuliner, kerajinan, dan kreatif,” tutur Arbonas.

Dalam pameran Urban Fest tersebut, pengunjung juga dapat merasakan pengalaman wisata Sulut melalui virtual tour secara 360 derajat yang tersedia pada platform di website kawanua360.com. Ada juga virtual mini talkshow “Urban Talks” yang dipandu oleh Generasi Baru Indonesia (GenBI) Wilayah Sulut.

Mengangkat berbagai topik mulai dari entrepreneur, virtual tour, sampai dengan connect with nature, Urban Talks disiarkan melalui live streaming Youtube (Bank Indonesia Sulawesi Utara) dan Instagram (@urbanfestsulut dan @bank_indonesia_sulut) sehingga dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai rangkaian kegiatan Urban Economy Festival 2021, KPw BI Sulut juga telah melaksanakan berbagai kegiatan, antara Iain capacity building seperti Bimbingan Digital Khusus (BIDIK) UMKM pada tanggal 2-10 Juni 2021 dan Pelatihan UMKM Binaan pada tanggal 14-19 Juni 2021.

Kemudian kegiatan kurasi produk unggulan UMKM yang telah dilaksanakan bersama Bank BNI pada tanggal 27-29 Mei 2021, juga kegiatan Iainnya seperti Iomba dan promosi produk IJMKM Sulut pada 10 Mei-30 Juni 2021.

Kegiatan ini pun menjalankan protokol kesehatan yang ketat. “Peserta dan panitia wajib memakai masker, menerapkan social distancing dan melakukan skrining kesehatan pada pintu masuk mall,” tukas Arbonas.

“Hal ini dilakukan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan tetap memperhatikan kesehatan seluruh pihak yang terlibat,” kuncinya. (Fernando Rumetor)