TNI-AL Melonguane Bagikan Masker dan Periksa Kesehatan Warga

oleh -
Membagikan masker kepada warga. (FOTO: Istimewa)

TALAUD – Penyebaran Covid-19 yang terindikasi sudah merambah di Kabupaten Kepulauan Talaud yang merupakan wilayah perbatasan paling Utara NKRI menjadikan Lanal Melonguane terus meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan guna pencegahan penyebaran Covid-19 agar tidak terus meluas.

Kepedulian tersebut juga ditunjukkan oleh para prajurit matra laut dimana mereka tampak membagikan masker dan juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat yang akan melaksanakan sholat ied di Masjid Jabal Rahmah Melonguane. Dengan peralatan standing thermogun yang dibawa oleh prajurit Lanal Melonguane, masyarakat dapat melakukan pengukuran suhu tubuh dengan tetap menjaga jarak. Bagi masyarakat yang datang untuk beribadah dan mereka tidak mengenakan masker, maka para prajurit Lanal Melonguane memberikan mereka masker secara gratis.

Kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan oleh prajurit Lanal Melonguane yang beragama Islam, prajurit yang beragama kristen juga nampak membantu dan terlibat dalam kegiatan tersebut.

Berkenaan dengan kegiatan tersebut, Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane menyampaikan bahwa selama kepemimpinannya ia terus dan selalu mengajak dan menekankan kepada seluruh prajuritnya tentang peningkatan kepedulian, pengabdian dan berbagai upaya lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat di wilayah perbatasan ini.

“Wilayah perbatasan ini merupakan ladang pengabdian kepada bangsa dan negara dan juga ladang ibadah kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Toleransi antar umat beragama serta saling tolong menolong adalah hal yang harus terus kita jaga dan lestarikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”, ungkap Danlanal.

Lanjutnya, kasus Covid-19 di wilayah perbatasan ini terindikasi mengalami peningkatan, untuk itu langkah-langkah pencegahan agar hal tersebut tidak menyebar perlu terus dilaksanakan. Kesadaran, kedewasaan dan kepedulian masyarakat juga merupakan hal penting yang dapat mendukung upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, termasuk di wilayah perbatasan ini. “Kami masih banyak menemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker saat berada di tempat-tempat keramaian, kami juga masih menemukan masyarakat yang enggan untuk mengikuti vaksinasi dengan berbagai alasan pribadi, kami juga masih menemukan berbagai kegiatan yang dilakukan secara beramai-ramai dengan tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19, dan hal tersebut sangat disayangkan masih terjadi,” ujarnya. Hal yang bijak, kata dia, adalah apabila dapat mengambil pelajaran dari berbagai kejadian di berbagai belahan dunia ataupun beberapa wilayah lainnya di Indonesia yang kemudian kita sikapi agar tidak terjadi di wilayah kita. “Jangan sampai kemudian musibah yang menimpa baru membuat kita sadar, karena mungkin itu sudah terlambat dan meninggalkan penyesalan,” imbau Pamen berpangkat Letkol Marinir pemegang tongkat komando di jajaran Lanal Melonguane ini.

Mengakhiri pernyataannya, Danlanal Melonguane turut menyampaikan keprihatinannya karena wabah Covid-19 ini belum juga selesai. Ia juga mengimbau masyarakat agar dapat bersabar dan terus berjuang di tengah berbagai kesulitan sebagai dampak dari wabah Covid-19 ini. “Mari kita tingkatkan iman dan tingkatkan imun agar kita semua aman dari korona.
(Jasman)