Mahasiswa Papua di Sulut Diimbau Dukung Kebijakan Perpanjangan PPKM Darurat

oleh -
Koordinator Asrama Weyako, Robby Wanimbo. (ist)

MANADO — Pemerintah memutuskan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat hingga 2 Agustus 2021.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi mengklaim laju pertambahan kasus Covid-19, bed occupancy rate, maupun angka kepositifan menunjukkan tren menurun di Jawa. Tetapi tetap harus waspada karena varian delta yang sangat menular.

”Dengan memperhatikan aspek kesehatan, aspek ekonomi dan dinamika sosial masyarakat, saya memutuskan untuk memperpanjang pembatasan kegiatan masyarakat level 4 dari tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus. Namun kita lakukan penyesuaian secara bertahap,” kata Presiden Jokowi, Minggu (25/7/2021).

Presiden berharap, kebijakan ini disupport penuh pemerintah daerah serta semua stakeholder masyarakat.

Bak gayung bersambut, mahasiswa Papua yang sedang menimba ilmu di Sulawesi Utara menyatakan dukungannya terhadap kebijakan baru pemerintah pusat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. “Kami mendukung keputusan pemerintah yang memperpanjang PPKM Darurat. Apalagi alasan perpanjangan PPKM Darurat ini untuk mengutamakan keselamatan masyarakat dari Covid-19,” ujar Koordinator Asrama Weyako Robby Wanimbo, Minggu (25/7/2021).

Ia pun mengajak rekan-rekan mahasiswa asal Papua yang sedang studi di Bumi Nyiur Melambai untuk tetap disiplin menaati protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Penanggulangan pandemi virus korona menjadi tanggung jawab kita bersama agar kasus covid-19 di Indonesia cepat selesai. Kita semua harus saling pro aktif dan bersinergi agar pandemi ini segera usai dan kita bisa beraktivitas normal kembali,” ajak Robby.

Ia pun meminta semua pihak bijaksana menyikapi lonjakan kasus positif covid-19. “Kebijakan pemerintah saat ini adalah yang upaya terbaik untuk mengatasi penyebaran korona. Semua mahasiswa dan unsur masyarakat, dan pemerintah harus bijak dalam menangkap kebijakan PPKM Darurat ini. Hal itu guna untuk kebaikan kita semua agar terlepas dari pandemi covid-19,” pungkasnya. (kimgerry)