Pentingnya Buat Surat Wasiat untuk Hindari Konflik Harta

oleh -
Bukan perkara hanya memikirkan kematian, mempersiapkan surat wasiat ternyata sangat penting untuk hindari konflik harta, pengurusan anak, hingga pajak. ((FOTO: Istimewa) 

JAKARTA- Membicarakan dan memikirkan kematian bisa membuat seseorang tidak nyaman. Akan tetapi, menghindari masalah dan membiarkan Anda atau anggota keluarga Anda tidak siap menghadapi kematian itu merupakan hal yang lebih buruk.

Menurut survei Gallup terbaru, sekitar 46% orang Amerika memiliki surat wasiat yang merinci bagaimana uang dan harta benda mereka akan ditangani setelah kematian mereka. Yang mengejutkan, hasil survei Gallup ini hampir sama sejak tahun 1990, dengan jumlah orang Amerika yang memiliki surat wasiat secara konsisten berkisar antara 44% dan 51%.

Data lebih lanjut dari survei Gallup menunjukkan, bahwa orang Amerika berpenghasilan tinggi jauh lebih mungkin daripada orang Amerika berpenghasilan rendah untuk melaporkan memiliki surat wasiat.

Selain itu, semakin muda Anda, semakin kecil kemungkinan Anda memiliki keinginan untuk mempunyai surat wasiat. Misalnya, sekitar tiga perempat orang Amerika berusia 65 tahun ke atas telah meluangkan waktu untuk membuat dokumen hukum semacam itu, sementara mereka yang berusia 30 tahun ke bawah sebagian besar tidak siap, dengan hanya 20 persen yang telah membuat surat wasiat.

Jika pandemi telah mengajari kita apa pun, hidup itu penuh dengan bola lengkung. Tidak terlalu dini untuk terlibat dalam perencanaan warisan dan menguraikan keinginan terakhir Anda dalam surat wasiat.

Mengapa surat wasiat itu penting?

1. Menghindari Konflik

2. Surat Wasiat untuk Mengurus Anak

3. Surat Wasiat Perawatan dan Pemeliharaan Hewan Peliharaan

4. Konsekuensi Pajak

5. Memberi Ketenangan

6. Dipersiapkan Sedini Mungkin

SUMBER: IDXchannel.com