Potensi Besar, Wamendag Dorong Pelaku UMKM Sulut Tingkatkan Kualitas dan Kuasai Digital untuk Bersaing di Pasar Global

oleh -
Wamendag Jerry Sambuaga (tengah) saat menghadiri peluncuran Gernas BBI dan BWI di Hotel Four Points Manado.

MANADO – Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Utara dinilai memiliki potensi besar dan tidak kalah bersaing di pasar global.

Untuk itu, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meminta semua elemen harus mendorong agar pelaku UMKM terus meningkatkan kualitas dan menguasai digital.

“Saya merasa optimis ekonomi Sulut akan maju pesat kalau UMKM dan sektor pariwisata kita kembangkan karena potensi Sulut besar,” ungkap Wamendag Jerry usai peluncuran Gerakan Nasional Bangga Wisata Indonesia (Gernas BBI dan BWI) Pelangi Sulawesi dengan tema “Dari Sulawesi Menuju Mancanegara” secara virtual di Manado, Kamis (26/8/2021).

Kegiatan ini berlangsung secara virtual dari Jakarta yang dibuka Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Mendag Muhammad Lutfi, Gubernur Sulut Olly Dondokambey serta di Manado hadir langsung Wamendag RI Jerry Sambuaga.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) berharap pencananga Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menciptakan onboarding bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tercipta pula semangat baru bagi mereka agar mampu bertahan di era pandemi.

Wamendag mengatakan, UMKM ditantang untuk memanfaatkan teknologi guna memasarkan hasil produksi mereka, karena itu kegiatan BBI diharapkan terjadi onboarding UMKM. “Ini pasti akan berdampak positif bagi ekonomi Sulut. UMKM di Sulut terus didorong karena UMKM sangat menunjang ekonomi daerah,” papar Wamendag. (kimgerry)