Dispora Perkenalkan Kembali Olahraga Rekreasi Tradisional

oleh -
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Djelly Waruis didampingi Pelestari Olahraga Rekreasi Tradisional Hirohito Saronsong.(Foto:ist)
RATAHAN-Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) memastikan akan secara masiv mengangkat dan memperkenalkan kembali olahraga rekreasi tradisional dikalangan masyarakat.
Langkah ini ditandai dengan gelaran sosialisasi olahraga rekreasi terhadap sejumlah maayarakat perwakilan 12 Kecamatan yang ada di Mitra.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Djelly Waruis mengungkapkan jika belakangan ini masyarakat cenderung familiar dengan olehraga prestasi. Semntara olah raga rekreasi tradisional mulai ditinggalkan atau dilupakan.
“Harus kita sadari jika olahraga rekreasi tradisional sudah sangat jarang dijumpai. Sementara olahraga rekreasi ini sebetulnya menjadi jenis olahraga yang ikut menjadi program kementrian yang perlu untuk diperkenalkan ke masyarakat,” ujar Waruis diselah kegiatan sosialisasi di Talaga Resto, Ratahan Timur 14/9/2021.
Dalam kesempatan tersebut kata Waruis, pihaknya menghadirka narasumber penggiat permainan tradisional Hirohito Saroinsong. Dimana nantinya berangkat dari sosialisasi ini, Dispora akan menggelar lomba olahraga rekreasi tradisional.
“Akan iven nantinya khusus untuk olahraga rekreasi. Asa beberapa pilihan misalnya engrang, kasti atau juga gaple. Tapi kita lebih mengarah pada kasti. Permainannya lebih simpel, mudah dan menghibur,” pungkas Waruis seraya menambahkan jika kegiatan olahraga rekreasi ini tidak akan dibebankan dalam APBD.
“Ini olahraga khusus yang tanpa harus mengambil anggaran dari kegiatan yang dibiayai APBD,” timpalnya.
(marfel pandaleke)