PT JMB Minta Dukungan Pemprov Sulut Terkait Operasional Tol Manado-Bitung

oleh -
Wakil Gubernur Steven Kandouw saat menerima audensi PT Jasa Marga Manado Bitung. (istimewa)

MANADO – PT Jasa Marga Manado Bitung (JMB) minta dukungan Pemprov Sulut terkait operasional Tol Manado-Bitung.

Dukungan tersebut disampaikan Direktur PT JMB Charles Lendra saat audensi dengan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw di ruang kerjanya, Kamis (16/9/2021).

“Kedatangan pihak PT JMB juga untuk meminta dukungan dari Pemprov Sulut dan kabupaten/kota tentang operasional dari jalan Tol Manado Bitung, agar supaya memberi keyakinan mereka untuk menuntaskan ruas ini yang masih ada sisa 13 KM dari gerbang tol Danowudu hingga gerbang tol Bitung,” ungkap Wagub Kandouw.

Ia mengatakan dalam pertemuan juga membahas soal perkembangan jalan Tol Manado-Bitung.

“Untuk saat ini Tol Manado-Bitung baru sampai di kelurahan Danowudu, jalan tol Manado-Bitung ini di targetkan akan selesai 100% pada akhir tahun ini,” katanya.

“Pihak PT JMB sadar harus ada koordinasi mulai dari pemerintah provinsi dan kab/kota terhadap investasi yang triliunan ini,” sambungnya.

Kandouw berharap masyarakat mendukung dan mendoakan proyek Tol Manado-Bitung agar berjalan lancar sesuai target.

“Dan masyarakat bisa menikmati fasilitas ini sehingga jarak yang di tempuh Manado-Bitung sudah tidak jauh lagi apalagi terhambat karena kemacetan,” tandasnya.

Sekedar diketahui, total panjang jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB.

Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung). (rivco tololiu)