Sulut Dapat Program Pembangunan Pasar Tematik Wisata, Lokasinya di Manado dan Minut

oleh -
Kepala Disperindag Sulut Edwin Kindangen. (istimewa)

MANADO – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mendapatkan program pembangunan Pasar Tematik Wisata dari Kementrian Perdagangan (Kemendag) RI.

Pasar tersebut akan dibangun di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) untuk menunjang pengembangan pariwisata daerah.

“Iya, kita bersyukur tentunya karena kita boleh mendapatkan program pembangunan Pasar Tematik Wisata tersebut,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Provinsi Sulut, Edwin Kindangen, Selasa (21/9/2021).

Ia menyebut anggaran pembangunan Pasar Tematik Wisata di Manado sebesar Rp75 miliar. Sedangkan di Minut nilainya Rp15 miliar.

“Kalau di Minut, pembangunan Pasar Tematik Wisata akan dimulai tahun ini. Untuk Manado, mungkin tahun 2022,” terangnya.

Edwin mengakui, kucuran program dari Kemendag tersebut bertujuan untuk merangsang pembangunan pariwisata daerah, dan juga membuka peluang bagi pengrajin lokal untuk menjual produk-produknya.

“Pasar Tematik Wisata di Minut menjadi salah satu sarana menunjang KEK Pariwisata Likupang,” bebernya.

Begitu juga di Manado, kata Edwin, menjadi lokasi yang tepat karena merupakan pusat perekonomian dan ibu kota Provinsi Sulut.

“Ini supaya turis yang datang punya banyak tempat untuk dikunjungi. Apalagi pasar ini akan dibuat semenarik mungkin,” tandasnya. (rivco tololiu)