Gubernur OD Dampingi Ketua MA Resmikan Nama Jalan Prof Koesoemah Atmadja di Area Pengadilan Terpadu

oleh
Gubernur Olly Dondokambey mendampingi Ketua MA saat peresmian nama jalan dan lapangan di area Pengadilan Terpadu Manado. (foto: istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD) mendampingi Ketua Mahkamah Agung (MA) RI, Muhammad Syarifuddin meresmikan nama jalan di area Pengadilan Terpadu di Mapanget, Kota Manado, Jumat (22/10/2021).

Jalan dan lapangan yang diresmikan tersebut diberi nama Prof Koesoemah Atmadja yang merupakan Ketua MA pertama di Indonesia periode jabatan 1945-1952.

Gubernur dalam sambutannya mengapresiasi kunjungan Ketua MA Syarifuddin ke Provinsi Sulut.

“Tentunya ini berdampak sangat positif. Di saat-saat masa pandemi seperti ini, dimana ekonomi semua daerah lagi terpuruk, tapi kunjungan dari jajaran MA mendapat dampak baik bagi kita,” ungkapnya.

Ia menyampaikan terima kasih karena pembangunan sarana dan

prasarana oleh MA di Talaud dan beberapa daerah di Sulut sudah bisa selesai.

“Dengan ini, pelayanan di tengah-tengah masyarakat yang ada di pulau yang jauh bisa merasakan secara langsung, karena pengadilan bisa memutuskan, semua masyarakat bisa dilayani secara hukum walaupun di daerah kepulauan,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua MA Syarifuddin menjelaskan, berdirinya gedung Pengadilan Terpadu Manado di Sulut dapat menjadi contoh untuk daerah lainnya.

“Pengadilan Terpadi di sini merupakan satu-satunya di Indonesia. Kalau anggaran memungkinkan, lahan memungkinkan, alangkah baiknya seluruh daerah di Indonesia akan ada Pengadilan Terpadu,” harapnya.

Ketua MA juga memberikan penghargaan yang setinggi-tinggunya kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang telah berkenan menyematkan nama jalan dengan nama Prof Koesoemah Atmadja.

“Beliau adalah pahlawan nasional dan sekaligus Ketua MA yang pertama di Indonesia,” katanya.

Ia menerangkan jalan tersebut merupakan jalan akses utama menuju gedung Pengadilan Terpadu yang ada di Kota Manado.

“Oleh karena itu, sebagai insan jajaran peradilan saya merasa sangat bangga dengan sosok Prof Koesoemah Atmadja. Saya yakin pemberian nama ini merupakan wujud penghormatan kepada beliau atas jasa-jasanya yang telah dipersembahkan bagi bangsa dan negara,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, jajaran Mahkamah Agung RI, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Forkopimda Sulut dan jajaran terkait lainnya. (rivco tololiu)