Pemprov Sulut Akan Terapkan Sistem Kontrol Berbasis Teknologi untuk Monitoring dan Evaluasi Program Pembangunan

oleh
Kepala Bappeda Provinsi Sulut, Jenny Karouw. (foto: istimewa)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) rencanannya akan menerapkan sistem kontrol terpusat berbasis teknologi untuk monitoring dan evaluasi program pembangunan.

“Kita sedang mempersiapkannya. Rencana akan diterapkan pada tahun 2022 mendatang,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulut, Jenny Karouw, Senin (25/10/2021).

Ia menyebut, sistem kontrol berbasis teknologi tersebut akan dijalankan bersama Dinas Kominfo Sulut.

“Peralatan di sana sangat menunjang untuk penerapan sistem kontrol ini,” ujarnya.

Karouw mengakui, dengan adanya sistem kontrol berbasis teknologi akan memudahkan pimpinan mengontrol pelaksanaan program pembangunan.

“Kita bisa monitoring dan evaluasi baik setiap minggu dan setiap bulannya. Kita bisa melihat sejauh mana realisasi program pembangunan di lapangan dengan dukungan gambar dari satelit,” bebernya.

Menurutnya, penerapan sistem kontrol berbasis teknologi merupakan dorongan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk mempercepat pembangunan di Sulut.

“Jadi, penerapan sistem kontrol ini akan memacu realisasi pengerjaan program pembangunan selesai sesuai batas waktunya,” tandas Karouw. (rivco tololiu)