BKKBN Sulut dan Komisi IX Sosialisasi PK dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana di Likupang Barat

oleh
Tampak, kegiatan sosialisasi BKKBN Sulut dan Komisi IX di Desa Serei, Likupang Barat, Minut. (foto: istimewa)

MINUT – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Utara (Sulut) dan Komisi IX DPR RI menggelar sosialisasi Pendataan Keluarga (PK) dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana di Balai Desa Serei, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kamis (28/10/2021).

Sosialisasi ini dihadiri langsung Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene dan Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Sulut, Diano Tino Tandaju.

Felly Runtuwene saat sambutan mengatakan, Pendataan Keluarga tahun 2021 hasilnya akan memudahkan pemerintah untuk penyaluran program dari pusat hingga ke daerah.

Ia memuji pemanfaatan teknologi dalam PK21 yang pastinya dapat meningkatkan kualitas data sesuai kondisi riil di lapangan.

Kaper BKKBN Sulut, Diano Tino Tandaju saat membawakan sambutan. (foto: istimewa)

Felly berharap masyarakat mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penurunan angka stunting.

“Yaitu kondisi gagal tumbuh pada Anak Balita akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan,” ungkapnya.

Karenanya, Felly menyarankan masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat.

“Terlebih di daerah pesisir yang kaya bahan makanan bergizi seperti ikan yang mudah diperoleh,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Kaper BKKBN Sulut, Diano Tino Tandaju mengaku bersyukur karena dapat berkumpul untuk sosialisasi pendataan keluarga dan kelompok sasaran bangga kencana.

“Kami juga memberi penghargaan setinggi-tingginya atas kepedulian Ketua Komisi IX DPR-RI sebagai mitra kerja BKKBN,” ujarnya.

Menurut Tandaju, komunikasi, edukasi dan Informasi terkait program Bangga Kencana yang turut disampaikan Ketua Komisi IX DPR-RI memberikan optimisme untuk mencapai target-target oleh BKKBN, termasuk Perwakilan BKKBN Sulawesi Utara.

Pada sosialisasi ini dihadiri sekira 200 orang terdiri dari pemerintah Desa Serei, Kabid Pengendalian Penduduk DPPKBD Minahasa Utara, Koordinator Bidang Advokasi, Penggerakkan, dan Informasi BKKBN Sulut Ignatius Worung, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Jajaran Pemerintah Desa Serei, Kader KB, PKB, PPKBD, Sub PPKBD se-Kecamatan Likupang Barat.

Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan handsanitizer, dan menjaga jarak. (rivco tololiu/*)