Polres Tomohon Tangkap 3 Pelaku Dugaan Penimbun BBM Bersubsidi

oleh
Tampak, ketiga pelaku saat diamankan di Polres Tomohon. (foto: istimewa)

TOMOHON – Tim Resmob Polres Tomohon pimpinan Aipda Melky Palar Berhasil mengungkap dan mengamankan oknum pelaku penimbun BBM bersubsidi jenis solar di salah satu SPBU di Jalan Tomohon-Tondano, Kelurahan Matani Satu, Minggu (21/11/2021.)

Kapolres Tomohon AKBP Yuli Kurnianto, melalui Kasie Humas AKP Hanny Goni, membenarkan adanya pengungkapan kasus ini.

“Sekira pukul 12.00 WITA telah diamankan tiga orang yang di duga telah melakukan penimbunan BBM, bersama barang bukti tiga unit kendaraan dan BBM Jenis solar dengan total keseluruhan sebanyak 1.700 liter,” ungkap Goni.

Dalam penangkapan tersebut, polisi mengamankan tiga pelaku berinisial SW alias Semi (34), keseharian berprofesi sebagai sopir, RW (35) alias Rom warga Dumoga Timur Kabupaten Bolmong Induk dan KMT alias Kifli (32) berprofesi wiraswasta, warga Desa Watumea Kabupaten Minahasa.

“Dari tangan terduga pelaku SW alias Semi, berhasil diamankan satu unit mobil dump truk warna Putih DB 8837 DY, dan bahan bakar Minyak jenis solar sebanyak 700 (tujuh ratus) liter, dari tangan KMT alias Kisli, berhasil diamankan satu unit kendaraan roda empat jenis Toyota Inova warna hitam DB 1108 GN, bahan bakar Minyak solar, sebanyak 700 (tujuh ratus) liter, sedang dari tangan RW alias Roni berhasil diamankan satu unit kendaraan roda empat jenis Panther warna hitam DB 1967 FE, bahan bakar minyak jenis solar, sebanyak 300 (tiga ratus) liter,” jelas Kasie Humas.

Lanjut dia, modus ketiga terduga pelaku melakukan penimbunan BBM dengan cara mengisi solar ke dalam tangki yang sudah di modifikasi dan diletakkan dalam kendaraan, dan beberapa galon ukuran besar.

Pengungkapan terhadap terduga pelaku penimbunan BBM jenis solar ini, berdasarkan informasi dari masyarakat, yang menyampaikan bahwa ada kegiatan penimbunan BBM di salah SPBU yang ada di Kota Tomohon, dan langsung ditindaklanjuti oleh team Resmob Polres Tomohon.

“Berdasarkan pengakuan ke tiga terduga pelaku, bahwa BBM solar ini, akan mereka jual kembali ke wilayah Bitung, dan mereka bertiga sudah dua kali melakukan aksi mereka di wilayah Tomohon,” terangnya.

“Saat ini ke tiga pelaku bersama barang bukti kendaraan jenis dump truk, toyota inova, isuzu panther dan BBM solar sebanyak 1.700 (seribu tujuh ratus) liter, sudah diamankan di Polres Tomohon, guna proses penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya. (Deidy Wuisan)