Pemkab Tasikmalaya Tertarik Belajar Budidaya Tanaman Aren di Tomohon

oleh
Wakil Walikl Kota Tomohon Wenny Lumentut saat menerima kunjungan Pemkab Tasikmalaya. (foto: istimewa)

TOMOHON – Budidaya tanaman aren di Kota Tomohon ternyata mampu menarik minat pemerintah dari luar daerah untuk mempelajarinya.

Hal tersebut terlihat dalam kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya yang dipimpin langsung Bupati Ade Sugianto di Kota Tomohon, Rabu (24/11/2021).

Rombongan Pemkab Tasikmalaya diterima langsung Wakil Wali Kota Tomohon, Wenny Lumentut.

Kesempatan itu, Lumentut menjelaskan manfaat dari tanaman aren serta hasil olahannya.

“Tanaman aren memiliki kelebihan dan manfaat ekonomi lebih dibandingkan dengan pohon lain. Oleh karena itu, penanaman aren menjadi pilihan utama hingga sekarang. Pohon aren mulai akar, batang dan daun, bisa diolah menjadi sapu lidi, sapu ijuk hingga nirahnya dapat dimanfaatkan,” terang Lumentut.

Ia mengakui, keberhasilan masyarakat Tomohon yang dapat mengolah potensi tanaman aren hingga menjadi komoditi ekspor

tersebut, menjadi salah satu alasan Pemkab Tasikmalaya melakukan studi banding di Tomohon.

“Terutama nirahnya dapat diolah menjadi gula dengan kualitas ekspor. Serta batang kayu aren yang telah selesai berproduksi dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat meybel dan tehel, seperti yang di produksi oleh pusat pengelolaan kayu kelapa dan kayu aren di PPWG Kaaten Tomohon,” paparnya.

Sementara, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto memuji Kota Tomohon yang menurutnya mirip dengan kabupaten yang dipimpinnya.

“Saat pertama kali datang di Tomohon sepertinya saya pulang rumah. Itu karena kemiripan Tomohon dan Tasikmalaya, walaupun perlu diakui Tomohon lebih indah karena bunganya,” akunya.

Ade menyebut, produksi Tasikmalaya merupakan daerah dengan lahan aren terbesar di Indonesia, namun pengeloaanya masih tradisional.

“Oleh karena itu, kami datang di Kota Tomohon untuk belajar pengolahan, belajar tatakelola dan belajar sistem,” sebutnya.

Dalam kegiatan ini, Bupati Tasikmalaya bersama rombongan juga melakukan kunjungan ke pabrik pengolahan gula aren masarang, dan lokasi wisata Danau Linow. (Deidy Wuisan)