Update Data Kependudukan, Pemda Kabupaten/Kota Diharap Support Aplikasi SI PAK Sulut Hebat

oleh -19 Dilihat
Kepala Dinas Dukcapil KB Provinsi Sulut, Voura Kumendong. (foto: istimewa)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sudah meluncurkan Aplikasi Sistem Administrasi Kependudukan (SI PAK) Sulut Hebat.

Aplikasi ini merupakan terobosan dari Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Dukcapil KB) Provinsi Sulut.

Inovasi tersebut dilaunching langsung Gubernur Sulut melalui Pj Sekdaprov Sulut, Asiano Gamy Kawatu di Manado pada 30 November 2021 lalu.

Aplikasi tersebut sangat bermanfaat untuk meng-update data kependudukan yang dapat dipantau langsung oleh kepala daerah hanya melalui smartphone.

Terkait ini, Plt Kepala Dinas Dukcapil KB Sulut, Voura Kumendong berharap pemerintah daerah (pemda) kabupaten/kota dapat mendukungnya.

“Karena memang cara kerja Aplikasi SI PAK Sulut Hebat terhubung dengan Dinas Dukcapil di kabupaten/kota,” ungkap Voura, Jumat (17/12/2021).

Ia menuturkan, peran setiap operator yang ada di Dinas Dukcapil kabupaten/kota sangat penting untuk mengintegrasikan perubahan data kependudukan yang terhubung dengan operator Aplikasi SI PAK Sulut Hebat.

“Nanti, setiap ada perubahan data kependudukan seperti data pelayanan KTP-E, data pindah/datang penduduk, data kelahiran, perkawinan dan kematian dapat di-update oleh Dinas Dukcapil kabupaten/kota yang otomatis masuk ke Aplikasi SI PAK,” jelasnya.

Nah, lanjut Voura, dari update data tersebut, maka kepala daerah baik bupati dan wali kota serta Gubernur Sulut bisa memantau perkembangan data kependudukan setiap harinya lewat smartphone.

“Aplikasi ini terhubung juga ke smartphone masing-masing kepala daerah di Sulut. Kalau bupati/wali kota melihat perkembangan data kependudukan di wilayahnya masing-masing. Kalau Gubernur Sulut bisa memantau perkembangan data kependudukan di 15 kabupaten/kota,” sebutnya.

Voura mengakui, pihaknya akan melakukan bimbingan teknsi (bimtek) kepada operator Dinas Dukcapil di kabupaten/kota terkait cara kerja Aplikasi SI PAK.

“Makanya ini perlu di-support bersama. Karena keakuratan data kependudukan menjadi sangat penting untuk menunjang banyak program pemerintah. Inilah alasan kita menghadirkan Aplikasi SI PAK Sulut Hebat,” tandasnya. (rivco tololiu)