Irup Peringatan HUT Polhut ke-55, Steven Kandouw Sebut Momentum untuk Mitigasi Kerusakan Hutan

oleh
Wakil Gubernur Steven Kandouw saat menjadi Irup peringatan HUT Polhut ke-55. (foto: istimewa)

MANADO – Wakil Gubernur Steven Kandouw menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan HUT Polisi Kehutanan (Polhut) ke-55 di halaman Kantor Gubernur Sulut, Selasa (21/12/2021).

Kandouw kesempatan itu berharap peringatan ini menjadi momentum untuk moratorium kerusakan lingkungan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Ini tentunya menandakan bagaimana semakin pentingnya upaya-upaya untuk memitigasi kerusakan lingkungan terutama kehutanan. karena dengan kejadian-kejadian sekarang, kita bisa melihat sendiri bagaimana peristiwa-peristiwa alam yang tadinya tidak pernah terjadi boleh terjadi. Cantohnya, seperti di Bitung ada banjir bandang dan Tomohon juga pernah terjadi banjir dan di daerah Tataaran banjir. Tempat-tempat itu yang sebelumnya tidak banjir akhirnya bisa terjadi banjir,” ungkapnya.

Kesempatan itu, Kandouw membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan dilanjutkan penghormatan kepada pataka kehutanan.

Selain itu, dilaksanakan penandatangan deklarasi pembentukan Ikatan Polisi Kehutanan Indonesia (IPKI) Provinsi Sulut dan penanaman sejumlah pohon di area halaman Kantor Gubernur Sulut.

Ia menyebut ini untuk pertama kali HUT Polhut dilaksanakan di Sulut. Ini merupakan arahan dari Menteri LHK RI.

“Mudah-mudahan ini jadi momentum untuk kita semua, agar kedepan upaya-upaya kita terutama moratorium kerusakan hutan di Sulut lebih optimal,” tukasnya

Ia pun berharap kepada seluruh stakeholder kehutanan di daerah ini untuk lebih bersinergi.

“Kan yang punya wilayah kabupaten/kota. Pasti pak Kadishut dan jajaran vertikal kementerian sudah punya roadmap untuk ada koordinasi yang mantap antara instansi vertikal dan maupun horisontal,” tandasnya. (rivco tololiu)