Jelang Nataru, Polres Boltim Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2021

oleh
Bupati SSM saat memimpin apel gelar pasukan operasi lilin tahun 2021, kemarin. (Foto: Istimewa)

BOLTIM – Dalam rangka pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kepolisian Resor (Polres) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar apel pasukan operasi lilin tahun 2021, bertempat di lapangan Polres Boltim, Kamis (23/12/2021). Apel pasukan tersebut dipimpin oleh Bupati Sam Sachrul Mamonto, didampingi Kapolres AKBP I Nyoman Agung Surya Negara, SIK. Dalam sambutannya, Sachrul mengatakan, bahwa Polri telah mempersiapkan 83.917 personel, 15.842 personil TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. “Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan kamseltibcar lantas. Sehingga, masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19,” kata Sachrul.

Lanjutnya, berdasarkan mapping kerawanan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain ancaman terorisme, radikalisme dan sabotase. Kemudian, pesta minuman keras dan penyalahgunaan narkoba, aksi perusakan fasilitas umum, berbagai aksi kriminalitas, hingga bencana alam. “Saya harapkan seluruh kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif, serta cara bertindak yang efektif dan efisien, sesuai karakteristik kerawanan yang ada,” ujarnya.

Turut hadir dalam apel pasukan tersebut, unsur pimpinan daerah, para pejabat TNI, Polri, dan instansi lainnya, serta para tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat. (Novianti Kansil)