Efek Pandemi Covid-19, 295 THL Boltim Diberhentikan

oleh -14 Dilihat

BOLTIM – Tahun ini, sebanyak 295 Tenaga Harian Lepas (THL) dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mulai dirumahkan. Hal ini berdasarkan surat edaran nomor 80/Setdakab/0326/I/2022, yang ditandatangani Sekretatis Daerah Sonny Warokah. Dimana, dalam edaran tersebut, disebutkan bahwa mulai bulan Januari sampai Maret 2022, tidak ada pengangkatan THL dilingkup Pemkab Boltim. Adapun jenis jabatan THL yang dimaksud diantaranya, operator computer, operator Simda, operator Simda gaji, operator Simda aset, operator Simda SP2D, operator Simda PBB P2, operator kasda online, operator, operator keuangan rekon pendapatan, operator komisi, operator SIAK dan sebagainya.

Kepala Badan Kepegawaian Boltim Rezha Mamonto mengatakan, selain itu, ada juga tenaga teknis pada Unitn Pelaksanaan Terpadu Daerah (UPTD) Puskesmas dan Rumah Sakit Boltim, tenaga tenaga administrasi, serta front office. “Sebagai pengganti, pemkab akan memberdayakan 154 CPNS yang baru lulus dalam rekrutmen tahun 2021 lalu,” terang Rezha.

Perberhentian tersebut, kata Rezha, hanya sampai bulan Maret. Kemudian, akan kembali melakukan perekrutan THL pada bulan April. “Jadi, THL yang akan direkrut pada bulan April nanti, jumlahnya masih sama dengan yang diberhentikan saat ini, yaitu 295 orang. Tidak semua diberhentikan, masih ada 215 yang bekerja. Mereka adalah sopir, penjaga kantor, cleaning service dan petugas lapangan,” sebutnya.

Diketahui, terkait dengan penataan kembali Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) diatas, atas dasar pertimbangan sebagai dasar pengambilan keputusan, melihat kemampuan keuangan daerah atas dampak Pandemi Covid-19. (Novianti Kansil)