Tingkatkan Akuntabilitas dan Transparan, Bupati Joune Ganda Buka Bimtek Aplikasi F-MIS

oleh
Bupati Joune Ganda saat memberikan sambutan di acara Bimtek. (Foto: Istimewa)

MINUT – Bupati Kabupaten Minahasa Utara Joune Ganda SE (JG), membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Daerah Senin (24/1/22) di hotel Swissbel Maleosan Manado. Bersama Ketua Perwakilan BPKP Beligan Sembiring SE, MM, AK, CA, QIA, CGCAE dan Pjb Sekretaris Daerah Drs. Rivino Dondokambey serta pemateri Financial Management Information System.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mengapresiasi atas gagasan dan ide digelarnya bimbingan teknis Financial Management Information System (F-MIS),” kata Bupati.

Hal ini, lanjut Bupati JG, merupakan pengembangan informasi teknologi, yang bertujuan untuk mensimplifikasi proses informasi dan teknologi keuangan dan lainnya, sehingga semakin efisien, cepat, dan transparan.

“Era Informasi teknologi digital saat ini, membuat kita mau tidak mau harus tidak harus tetap menerima dan mengikuti serta mempergunakan teknologi infomasi, dalam rangka peningkatan akuntabilitas dan transparan yang mudah dan cepat dalam system keuangan, system perencanaan, pelaporan maupun system lainnya,” jelasnya.

JG berharap, para peserta Bimtek dapat mengikuti dengan baik sehingga bisa memberikan out put dan out come dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Minahasa Utara.

Sementara, Kaban Keuangan Kabupaten Minahasa Utara Petrus Macarau dalam laporannya mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan Bimtek Aplikasi Financial Management Information System (F-MIS) ini adalah, untuk memahami informasi perencanaan anggaran daerah, dan penatausahaan keuangan daerah, memahami akutansi dan pelaporan keuangan daerah, memahami informasi pertanggungjawaban pelaksanaan keuangan daerah, memahami informasi barang milik daerah, dan memahami informasi keuangan daerah lainya.

Peserta kegiatan ini, yaitu Kepala OPD, Pejabat fungsional anggaran yang ada di OPD masing-masing, dengan menghadirkan narasumber satu-satunya BPKP perwakilan dari Provinsi Sulawesi Utara.

“Kami berharap para peserta bisa memahami dan mampu melaksanakan laporan keuangan berbasis elektronik,” pungkas Macarau. (Wolter Rumapar)