Polres Kotamobagu Gelar Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1443 H

oleh -97 Dilihat
Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid memimpin rakor lintas sektoral terkait pengamanan Idul Fitri 1443 H. (foto: istimewa)

KOTAMOBAGU – Polres Kotamobagu menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral dalam rangka Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1443 H tahun 2022.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Polres Kotamobagu Jalan Ahmad Yani Kecamatan Kotamobagu Barat, Rabu (27/4/2022).

Rakor dipimpin oleh Kapolres Kotamobagu AKBP Irham Halid, dihadiri Forkopimda Kota Kotamobagu atau yang mewakili beserta pimpinan instansi terkait lainnya.

AKBP Irham Halid mengatakan, rakor ini sebagai bentuk kesiapan pelaksanaan pengamanan Idul Fitri 1443 H seperti kesiapan aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur-unsur yang terkait seperti halnya TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

“Pengamanan tersebut bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya umat Muslim, agar dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan merayakan Idul Fitri 1443 H dengan aman, nyaman, tertib, dan lancar,” ujarnya.

Lanjut AKBP Irham Halid, pengamanan juga untuk mengantisipasi permasalahan di masyarakat di antaranya kelangkaan minyak goreng, antrian BBM solar, kemudian kenaikan harga beberapa kebutuhan pangan.

“Kami mengajak seluruh pihak terkait beserta seluruh komponen masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menekan laju perkembangan COVID-19 dan mengamankan ketersediaan dan distribusi bahan pangan,” imbaunya.

Selain itu, ia menegaskan pengamanan Idul Fitri tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga menjadikan para personel yang ditugaskan cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Pemkot Kotamobagu dr. Wandania Mantang, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Kotamobagu dan jajaran yang telah menginisiasi pelaksanaan rakor, sebagai upaya mengantisipasi berbagai aspek dan dinamika yang berkembang menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H.

“Kami dari dinas kesehatan juga akan melakukan pelayanan vaksinasi di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan serta Bazar Ramadhan di Pasar Genggulang,” singkatnya. (Redaksi)