Kenali Tips Sederhana Atasi Jetlag Setelah Liburan

oleh -840 Dilihat
Ilustrasi Back to Work : Sindomanado.com

Tidak terasa, liburan panjang dalam rangka Idul Fitri sudah hampir selesai. Durasi liburan yang relatif panjang ini tentu memberikan cukup waktu  untuk beristirahat sejenak dari rutinitas. Senin mendatang,  sebagian besar kita akan kembali melakukan aktifitas dengan office hour rutin, jam 8 sampai jam 5 sore. Bagi sebagian orang, cukup sulit untuk membiasakan diri setelah seminggu lebih menghabiskan waktu dengan travelling, bersantai bersama keluarga, atau sekedar bermalas – malasan di rumah.

Rutinitas seperti bunyi alarm di pagi hari, membuka e – mail kantor yang belum di baca, mengikuti jadwal briefing pagi, mengejar deadline, hingga bertemu rekan kerja yang mungkin sering membuat kita tidak nyaman. Suka atau tidak suka, semua akan  kita jalani kembali.  Bagaimana cara mempersiapkan diri kembali ke rutinitas?

Berikut ini beberapa tips mempersiapkan diri, agar kita bisa meminimalisasi “jetlag”pasca liburan panjang.

  • Menjaga kesehatan fisik dan mental.  Liburan terkadang dianggap waktu yang tepat untuk makan apa saja dan begadang hingga larut malam. Tapi ingatlah untuk tetap menjaga daya tahan tubuh anda dengan istirahat cukup, makan teratur dan konsumsi vitamin yang dibutuhkan.
  • Jika anda melakukan perjalanan ke luar kota, jadwalkanlah kembali ke rumah setidaknya dua hari sebelum jadwal masuk kantor berakhir. Setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda untuk menyesuaikan kembali dengan rutinitas yang ada. Jika anda kembali dua hari lebih awal, anda punya cukup waktu untuk menyesuaikan dengan rutinitas harian anda.
  • Tune back body clock” alias kembalikanlah waktu tidur dan aktivitas anda di pagi hari di H -2 sebelum masuk kerja.  Ayo, yang masih di luar kota, pulang yuk!
  • Membuat“to do list” atau daftar hal yang harus dilakukan.  Anda dapat memulai dengan catatan. Sehari sebelum bekerja, disarankan untuk review kembali agenda kerja anda di hari pertama agar anda mengetahui  prioritas apa yang paling utama. Membuat list akan mempermudah anda terhindar dari kebingungan di hari pertama kerja, loh.
  • Anda bisa menghubungi rekan kerja anda H – 1, untuk sekedar menyapa. Siapa tahu ada hal penting untuk besok yang anda lewatkan? Anda bisa langsung mempersiapkannya.
  • Jika anda dari travelling, tidak ada salahnya anda membelikan oleh – oleh kecil untuk rekan kerja ini. Semua pasti senang!
  • Atau, jika anda merayakan hari raya, anda juga dapat membawakan kue untuk dinikmati besama. Hal ini tidak wajib, tapi pasti menyenangkan.
  • Anda perlu meluangkan waktu membayangkan suasana kerja atau hal – hal yang selama ini membuat nyaman bekerja. Membayangkan hal baik membantu anda tetap positif.
  • Mulailah hari pertama anda dengan senyum. Hal penting utama adalah berdoalah sesuai kepercayaan, agar semua rencana dapat berjalan baik.

Dengan tips sederhana di atas, anda diharapkan bisa segera beradaptasi kembali. Semangat ! Agar bisa kembali menabung untuk liburan yang akan datang. (REDAKSI)