Gubernur OD Datangkan Investor Belanda untuk Pengembangan Pelabuhan Bitung

oleh
Tampak, investor Belanda saat bertemu Gubernur Olly Dondokambey. (foto: istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD) terus memperlihatkan kerja nyata mendorong pembangunan di Bumi Nyiur Melambai.

Kali ini, Gubernur OD mendatangkan investor dari Rotterdam Belanda untuk pengembangan Pelabuhan Bitung yang sudah di proyeksi menjadi Hub Port International.

Tak tanggung-tanggung, Director International Port of Rotterdam, Mr Rene Vander Plas pun langsung menyambangi Kantor Gubernur Sulut bersama CEO PT Inerco Global Int’l Hendrik Kawilarang Luntungan pada Jumat (20/5/2022).

Gubernur mengungkapkan bahwa sebelumnya rombongan dari Rotterdam sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Mereka juga sudah meninjau di Pelabuhan Bitung, mudah-mudahan tim teknis datang dan bertemu dengan tim teknis kita. Dan kita akan lihat nanti berapa nilai investasinya untuk Pelabuhan Bitung,” ujarnya.

Sementara itu, CEO PT Inerco Global Int’l Hendrik Kawilarang Luntungan mengakui dalam rangka penjajakan investasi pelabuhan international Hub Bitung, dari PT Inerco sedang menjajaki bersama Port of Rotterdam melakukan studi kelayakan untuk dibangunnya international Hub Port Bitung.

“Ini adalah program dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pak Gubernur Olly yang mengundang kita untuk melihat potensi yang ada di Sulut. Secara geografis sangat menarik, tapi, kitakan masih dalam tahap studi kelayakan. Ketika hasilnya baik dalam tiga bulan kedepan, maka pihak Rotterdam bersama Inerco akan melakukan investasi di Sulut,” bebernya.

Diketahui Rotterdam adalah pelabuhan terbesar dan pintu masuk ekspor-impor untuk negara-negara di Eropa.

Sementara, PT Inerco Global International dan Port of Rotterdam sudah bekerja sama selama 2 tahun dalam rangka melakukan studi kelayakan pembangunan International Hub Port Bitung yang melibatkan Konsultan terbesar dunia Pricewaterhouse Coopers. (rivco tololiu)