5 Kandidat Sekdaprov Bersaing di Tahapan Tes Asesmen 

oleh
(foto: istimewa)

MANADO – Lima kandidat Sekdaprov Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti tahapan tes asesmen di Ruang Computer Asissted Test (CAT) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut, Selasa (23/8/2022).

Kelima kandidat tersebut yakni Kepala Dinas Perkimtan Sulut, Steve Kepel, Kepala Dinas DPM-PTSP Sulut, Frangky Manumpil, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut, dr Debie Kalalo, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulut, Izak Rey dan Kepala Badan Kesbangpol Sulut, Ferry Sangian.

Tahapan tes asesmen ini dibuka langsung Penjabat (Pj) Sekdaprov Sulut, Praseno Hadi.

“Ini merupakan salah satu tahapan dalam proses seleksi terbuka yang bertujuan untuk menggali potensi dan kompetensi dari setiap peserta,” ungkap Praseno.

Ia menjelaskan, tahapan tes tersebut dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan Pemerintah Provinsi Sulut akan seorang sekretaris daerah yang memiliki kompetensi dan kapabilitas, serta mampu menjadi motor penggerak roda pemerintahan kedepannya.

“Pemerintah Provinsi Sulut membutuhkan sosok pemimpin yang dapat mengayomi 10 ribu PNS yang mengabdi di Pemprov Sulut,” ujarnya.

Oleh sebab itu, kata Praseno, jabatan sekretaris daerah sebagai jabatan puncak dalam pemerintahan, sudah sepatutnya dijabat oleh orang terpilih.

“Bukan hanya cakap dan qualified, tapi juga memiliki sense of belonging terhadap para pegawai dan merangkul mereka sebagai keluarga besar Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara,” tandasnya.

Usai tes asesmen, para peserta akan mengikuti tahapan tes penulisan makalah yang dijadwalkan dalam waktu dekat.

Turut hadir dalam tahapan ini yakni panitia seleksi (pansel), baik yang hadir langsung secara luring maupun yang turut memantau jalannya asesment melalui ruang virtual. (rivco)