Bentuk Layanan Terbaik, PLN Mobile Terus Berkembang Jadi Solusi Layanan Listrik Masa Depan

oleh -826 Dilihat
GM PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo mengajak masyarakat menggunakan PLN Mobile. (FOTO: istimewa)

MANADO – PLN telah menetapkan visi sebagai perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara dan menjadi nomor satu pilihan pelanggan untuk solusi energi. 

Untuk itu, PLN melakukan Transformasi besar-besaran yang dikenal dengan Transformasi PLN. Transformasi PLN memiliki empat Aspirasi yang menjadi arah perubahan PLN, yaitu Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused.

Salah satu produk Transformasi PLN adalah Transformasi Digital yang mengubah layanan PLN dari hulu dengan digitalisasi pembangkit dan hilir pada distribusi layanan listrik pada pelanggan dengan aplikasi PLN Mobile.

Atas upaya dan kerja keras ini pun, PLN menerima apresiasi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupa sertifikat INDI 4.0. Dari 28 BUMN yang hadir dalam penyerahan sertifikat INDI 4.0, PLN menjadi salah satu penerima sertifikat dengan poin tertinggi.

Tidak berhenti di situ saja, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mendapatkan penghargaan sebagai pemimpin terpopuler di sosial media versi kategori pemimpin/CEO Subkategori BUMN non TBK oleh Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) 2022.

“Jadi, ini bukan hanya hasil kerja dari seorang Dirut, bukan hanya hasil kerja dari pimpinan BOD, tapi seluruh seluruh kekuatan PLN. Baik itu insan PLN maupun tenaga alih daya kita,” ungkap Darmawan.

Dirut PLN, Darmawan Prasodjo menerima penghargaan terkait inovasi PLN melalui PLN Mobile. (FOTO: istimewa)

Beberapa bukti keberhasilan PLN dalam berbenah ini tidak menjadikan PLN mawas diri, sebaliknya PLN terus mengembangkan layanan yang lebih baik dengan pengambangan aplikasi PLN Mobile yang makin lengkap. 

Tidak hanya sekedar menjadi sarana pasang baru, tambah daya, dan pengaduan saja, PLN Mobile kini menjadi senjata jitu PLN dalam menyambut gelaran KTT G20 yang saat ini sedang berlangsung di Bali. 

Sekadar diketahui, PLN Mobile menjadi media PLN mengejar pencapaian net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

Pengelolaan hilirisasi electric vehicle (EV) yang mempermudah pelanggan dalam proses charging disediakan dengan user interface yang mudah dan interaktif. 

Seluruh  Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dibangun oleh PLN terkoneksi secara real time pada aplikasi PLN Mobile. 

Aplikasi PLN Mobile dari PLN miliki banyak fitur, tak hanya bayar tagihan listrik saja. (FOTO: istimewa)

Hal ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi masyarakat untuk dapat segera beralih ke kendaraan listrik sehingga mempercepat transisi energi di Indonesia.

“Bagi PLN, event ini penting untuk membuka mata dunia bahwa Indonesia bertransformasi menuju energi yang bersih, hijau dan ramah lingkungan,” ujar Darmawan.

Senada dengan Darmawan, General Manager (GM) PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo menghimbau kepada seluruh pelanggan agar dapat memanfaatkan dengan maksimal aplikasi PLN Mobile karena kelebihan yang ditawarkan jauh di atas ekspektasi.

“Marijo torang sama-sama pakai aplikasi PLN Mobile, supaya dapa rasa mudahnya menggunakan listrik setiap hari,” tutur Ari Dartomo.

Dengan pemanfaatan aplikasi PLN Mobile, makin banyak pelanggan yang sudah merasakan perubahan pelayanan dari PLN sehingga terus menaikan indeks kepuasan pelanggan tahun 2021 pada angka 98,06% meningkat 26,22% dari tahun sebelumnya.

Aplikasi PLN Mobile sendiri dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store pada smartphone pelanggan. (advetorial)