Gubernur Olly Dampingi Menteri Nadiem Makarim Hadiri Perayaan Natal Kemendikbudristek di Tondano

oleh
Foto bersama di perayaan Natal Kemendikbudristek. (Foto: istimewa)

TONDANO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menghadiri perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 bersama Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dan jajarannya di Auditorium Walanda Maramis Universitas Negeri Manado (Unima) Tondano, Kabupaten Minahasa, Jumat (6/1/2023).

Dalam sambutannya, Gubernur Olly atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih kepada Menteri Nadiem Makarim bersama seluruh jajaran karena telah memilih Provinsi Sulawesi Utara sebagai pusat penyelenggaraan Natal 2022.

“Semoga pak Menteri dan seluruh jajaran kementerian bisa melihat-lihat dan mengembangkan potensi-potensi keindahan alam Sulawesi Utara agar lebih baik dan lebih maju, dan akan datang kembali ke daerah ini dalam waktu yang lebih panjang,” ujar Gubernur Olly.

Gubernur juga menyampaikan tema Natal PGI dan KGI diambil dari Matius 2 ayat 12 “Mereka pulang melalui jalan yang lain” yang memiliki banyak makna dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Di akhir sambutan, Gubernur Olly mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru bagi seluruh Jajaran Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Sementara itu, Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya karena dapat merayakan Natal dan Tahun Baru bersama seluruh jajaran Kementerian dan Pemerintah Sulawesi Utara, dengan Sub Tema “Merdeka belajar sebagai jalan baru mewujudkan transformasi Pendidikan dalam Kebhinekatunggalikaan”.

“Semoga dan Saya harap sub tema ini memberikan semangat dan dorongan untuk memperkokoh upaya kita dalam melakukan perubahan besar melalui transformasi Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, melalui merdeka belajar sehingga kita dapat mewujudkan kemajuan bangsa yang beragam dan kaya akan perbedaan ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan, Menteri Nadiem mengungkapkan rasa kagumnya kepada Provinsi Sulawesi Utara. Di kali pertamanya berinteraksi dengan masyarakat di Manado dan Tomohon, beliau langsung merasakan bahwa kebhinekaan di daerah ini bukan hanya suatu fitur dalam masyarakatnya, tetapi suatu kekuatan.

“Masyarakat di Sulut ini benar-benar mencintai keberagaman, bukan hanya mentoleransi keberagaman. Maka tak heran jika Provinsi Sulut selalu memiliki capain baik terkait survei Indeks Kerukunan Umat Beragama yang dilakukan oleh Kementerian Agama. Bahkan pada tahun 2021 Sulawesi Utara menempati peringkat ketiga terbaik dalam skala nasional,” ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Ibu Ketua Dharma Wanita Kemendikbudristek, Pejabat Eselon I Kemendikbudristek, Pimpinan dan Tokoh Agama, Ketua Sinode GMIM, bapak Uskup, Ketua Uskup Papua, Pimpinan DPRD Sulawesi Utara, Pimpinan DPRD Papua, Rektor Universitas Cendrawasih, Rektor Universitas Negeri Manado, Rektor Universitas Sam Ratulangi, Forkopimda Sulut dan Jajaran Pemprov Sulut. (rivco)