Perayaan Malam Tahun Baru Imlek 2574 di Klenteng Ban Hin Kiong Berlangsung Meriah

oleh -2298 Dilihat
Sebagian umat Klenteng Ban Hin Kiong tampak berfoto bersama di halam klenteng. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO – Kemeriahan malam Tahun Baru Imlek 2574 kembali tergambar di Klenteng Ban Hin Kiong, Kota Manado pada Sabtu (21/1/2023).

Sejumlah umat tampak terus berdatangan silih berganti sejak sore hingga malam hari. Dengan khidmat mereka melangsungkan seluruh prosesi sembahyang dan ibadah bersama. 

Lilin-lilin raksasa yang sudah tersusun rapi di depan Klenteng yang menjadi Tempat Ibadah Tri Dharma (T.I.T.D) ini satu per satu dinyalakan.

Suasana meriah dan hangat amat tergambar dalam momen perayaan ini. Para umat saling bersalaman, bertegur sapa, dan mendoakan yang terbaik satu sama lainnya.

Masyarakat Kota Manado yang datang dari berbagai latar belakang agama pun turut memeriahkan perayaan malam Tahun Baru Imlek kali ini.

Masyarakat yang ikut hadir mengabadikan foto dengan latar belakang klenteng yang dihiasi kelap-kelip lampion yang indah. (FOTO: Fernando Rumetor)

Mereka mengabadikan foto bersama keluarga maupun teman dan sahabat dengan latar belakang klenteng yang dihiasi kelap-kelip lampion yang indah serta ornamen ‘Kelinci Air’ yang menjadi shio tahun ini.

Kepala Klenteng Ban Hin Kiong Manado Jimmy Binsar saat ditemui wartawan SINDOMANADO.COM mengatakan bahwa perayaan kali ini berlangsung meriah, dan masyarakat begitu ramai dan antusias.

“Memang kita sangat berharap untuk Tahun Baru Imlek 2574 ini akan membawa pengharapan, kemakmuran, kesejahteraan bagi rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Kepala Klenteng Ban Hin Kiong Manado Jimmy Binsar (kanan) saat bercengkrama dengan Wali Kota Manado Andrei Angouw (kiri) yang datang berkunjung. (FOTO: Fernando Rumetor)

Jimmy juga menyebut, tahun ini semua T.I.T.D di Kota Manado sepakat untuk pelaksanaan ibadah dilakukan di Klenteng masing-masing.

“Kita sangat berharap restu Tuhan untuk hari keempat penanggalan imlek, agar nanti bulan purnama Imlek kita bisa turun ke jalan raya,” sebutnya.

Dikatakan Jimmy, shio ‘Kelinci Air’ di tahun ini yang melambangkan pengharapan, kedamaian dan kemakmuran diharapkan bisa membawa kemakmuran dan kesejahteraan juga bagi masyarakat Kota Manado.

“Kami pun berharap seluruh umat Tri Dharma di Kota Manado lebih introspeksi diri, menjaga silaturahmi serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” kuncinya. (Fernando Rumetor)