49 Calon Anggota KPU Sulut Jalani Tes Psikologi

oleh
Tujuan dilaksanakan tes ini untuk mengukur potensi dan kompetensi para calon anggota KPU Sulut. (FOTO: istimewa)

MANADO – Sekira 49 Calon Anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara hadir Jalani Tes Psikologi, setelah sebelumnya melaksanakan tes tertulis berbasis CAT.

Kini seleksi calon anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memasuki Tahapan tes psikologi yang dilaksanakan di RS Wolter Monginsidi bekerjasama dengan Tim Psikologi angkatan darat pada hari Rabu (8/3/2023).

Pelaksanaan tes ini dibuka oleh Ketua Tim Seleksi Dr. Viktory N. J. Rotty , M. Teol  yang terlebih dahulu menyampaikan ucapan selamat datangnya kepada para peserta calon anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara periode 2023-2028.

Tak ingin berlama-lama Rotty hanya mengharapkan agar pelaksanaan tes pada hari ini lancar dengan menciptakan kondisi menyenangkan mungkin.

Sebelum menjalani tes, Dra. Rokhmi Handayani selaku Ketua Tim Pemeriksa Psikologi menjelaskan terkait mekanisme pelaksanaan tes psikologi kepada peserta seleksi.

Handayani mengemukakan bahwa, sebetulnya tes psikologi ini tidaklah sulit apalagi tujuan dilaksanakan tes ini untuk mengukur potensi dan kompetensi para calon anggota KPU Sulut.

Adapun tes psikologi yang dilakukan mencakup 3 metode penilaian yaitu kognitif, afektif dan konatif.

“Hal ini penting dilakukan dalam menyeleksi kandidat yang nantinya akan menduduki jabatan penting di KPU Provinsi Sulawesi Utara, untuk itu dibutuhkan orang-orang yang mempunyai komitmen kuat dan berintegrasi,” tuturnya.

Tes yang dilaksanakan tepat pukul 07.30 Wita ini berlangsung kurang lebih 4 jam, selama jalannya proses seleksi para peserta cukup tertib dan nampak serius mengikuti. (Fernando Rumetor)