Kolaborasi PLN dan BPN Bitung, Kembangkan Potensi Kampung Berdaya Batuputih

oleh
Program ini diharapkan efektif dalam pelaksanaannya karena bekerja sama dengan BPN dalam pengembangan Kampung Berdaya. (FOTO: istimewa)

BITUNG – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi berkolaborasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bitung guna mengembangkan potensi perekonomian Kampung Berdaya Batuputih.

Adapun lokasinya berada di Kel. Batuputih Bawah Kec. Ranowulu Kota Bitung, Sulawesi Utara melalui program PLN Peduli yaitu berupa bantuan Gerai UMKM, Rumah dan Peralatan Produksi untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Berkatrina Masala, Lurah Batuputih Bawah merasa sangat senang karena daerahnya masuk ke dalam program PLN Peduli untuk dijadikan Kampung Berdaya. 

Hal itu disampaikan dalam sambutannya pada kegiatan penyerahan bantuan di aula kantor BPN Bitung yang diserahkan secara simbolis oleh Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Utara (UPP Sulut). 

“Kami berterima kasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan, semoga bantuan ini dapat meningkatkan taraf hidup warganya yang mayoritas bekerja sebagai nelayan dan memiliki perkebunan pisang sebagai tambahan penghasilan,” ujarnya.

Budi Tarigan, Kepala kantor BPN Kota Bitung menyampaikan bahwa nantinya akan dibangun tempat pemasaran produk UMKM yang ada di Kampung Berdaya Batuputih Bawah. 

Ia berharap dengan adanya gerai UMKM yang disediakan dari kolaborasi PLN dan BPN ini dapat meningkatkan hasil penjualannya karena lokasinya berada di tempat yang strategis.

“Sinergi PLN dan BPN dalam pengembangan UMKM ini sangatlah baik dan dapat menjadi contoh bahwa kita dapat berkolaborasi untuk pemberdayaan masyarakat yang ada di Kota Bitung,” pungkas Budi.

Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Poklahsar) Ramantha Kitchen sebagai salah satu penerima manfaat memiliki 10 anggota dengan produk utama yang dihasilkan berupa abon ikan, keripik pisang dan rica roa.