CSR Peduli Lingkungan, Bumi Karsa Tebar 20 Ribu Benih Ikan di Danau Tondano

oleh
Chief Executive Kalla Construction, Kamaluddin (tengah) saat menebar benih ikan nila di Danau Tondano. (FOTO: Fernando Rumetor)

TONDANO – Sejalan dengan program Bumi Karsa sebagai perusahaan konstruksi yang peduli terhadap lingkungan, melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Bumi Karsa menyusun program berupa pembenihan bibit ikan air tawar di Danau Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, pada Rabu (12/7/2023). 

Sebanyak 20.000 bibit ikan air tawar ditebar di Danau Tondano dengan melibatkan instansi pemerintah, baik Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Minahasa, Kejaksaan, aparat keamanan TNI – Polri, tokoh masyarakat, hingga masyarakat sekitar di wilayah Danau Tondano.

Danau Tondano sendiri menjadi wilayah sasaran pelaksanaan program dari Bumi Karsa sebab sejalan dengan proyek revitalisasi danau yang saat ini sedang berjalan dan ditangani oleh Bumi Karsa. 

Danau yang memiliki volume tampung 668,6 juta/m2 dan luas 4.616 hektar ini mengalami penyusutan luas, dimana pada tahun 1992 luasnya sekitar 4.800 hektar (berdasarkan rilis PUPR 12 Oktober 2020 SP.BIRKOM/X/2020).

Maka dari itu, guna mengatasi permasalahan tersebut diperlukan proses revitalisasi danau yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi alami danau sebagai tampungan air dan menjaga batas area luasan danau melalui pengerukan, pembersihan gulma air/eceng gondok, pembuatan tanggul, termasuk penataan di kawasan daerah aliran sungai.

“Kita melepas 20.000 bibit ikan mas dan ikan nila di danau tondano ini dengan harapan positif dapat turut serta dalam meningkatkan potensi daerah minahasa, khususnya pada wilayah ini,” tutur Chief Executive Kalla Construction, Kamaluddin.

Sementara itu, Wenny Talumewo, selaku Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Minahasa mengungkapkan dukungannya terhadap kegiatan CSR yang dilakukan oleh KALLA, khususnya Bumi Karsa.

“Mari kita dukung bersama program revitalisasi danau ini, mudah-mudahan kita bisa bersama-sama mengoptimalkan potensi daerah ini,” ungkapnya.