Ini Tips Perawatan Kampas Kopling Sepeda Motor!

oleh

MANADO – Kampas kopling sepeda motor bekerja menghubungkan dan memutus putaran mesin ke gigi transmisi. Jika kampas kopling bermasalah, maka performa sepeda motor akan menurun. 

Penggunaan sepeda motor yang terlalu agresif berpotensi mempercepat keausan dan kerusakan kampas kopling. 

Dilansir dari laman astra-honda.com, berikut adalah beberapa tips untuk merawat kampas kopling:

1. Pantau Kinerja Kopling

Jika saat berkendara dirasa ada gejala kopling slip atau mesin berputar lebih tinggi tanpa tenaga yang sesuai ke roda, itu bisa menjadi tanda kampas kopling sudah aus. 

Segeralah melakukan pemeriksaan ke bengkel terdekat untuk memastikan kondisi dan kinerja kampas kopling tetap prima. 

 

2. Perhatikan Perubahan Kinerja

Jika sepeda motor mengalami perubahan signifikan dalam performa kopling, muncul suara-suara aneh, getaran, atau kesulitan berpindah gigi, segera periksakan ke bengkel terdekat. 

Hal tersebut kemungkinan terjadi akibat adanya masalah pada komponen kopling yang perlu diperbaiki atau diganti. 

 

3.Perawatan Preventif

Selalu ikuti jadwal perawatan yang dianjurkan oleh produsen. Ini mungkin termasuk pemeriksaan rutin dan perawatan kopling atau penggantian kampas kopling dengan yang baru. 

 

4. Gunakan Suku Cadang Berkualitas

Saat melakukan penggantian kampas kopling dengan yang baru, gunakanlah Honda Genuin Part atau produk asli Honda yang sudah teruji dan terjamin kualitasnya. 

Menurut Ridwan Suwandie, Technical Service Dept. Head PT. DAW, langkah perawatan dan pemeriksaan sepeda motor secara rutin akan membuat seluruh komponen sepeda motor lebih terjaga dan performa sepeda motor akan tetap optimal. 

Bawalah sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan secara menyeluruh oleh mekanik terbaik Honda,” ujar Ridwan. (Fernando Rumetor)