Konsisten Implementasi Budaya K3, PLN UID Suluttenggo Gelar Inspection Day

oleh
Peringatan Bulan K3 Nasional oleh PLN ditandai dengan melaksanakan apel K3 di lingkungan PLN UID Suluttenggo yang dipimpin langsung oleh General Manager, Ari Dartomo serta seluruh unit dan mitra kerja. (FOTO: istimewa)

MANADO – Dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2024, PT PLN (Persero) melaksanakan Inspection Day serentak diseluruh unit, termasuk Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo).

Diketahui, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan budaya perbaikan dan pencegahan kejadian K3 di wilayah kerja PLN UID Suluttenggo.

Peringatan Bulan K3 Nasional oleh PLN ditandai dengan melaksanakan apel K3 di lingkungan PLN UID Suluttenggo yang dipimpin langsung oleh General Manager, Ari Dartomo serta seluruh unit dan mitra kerja.

Dalam apel tersebut, Ari Dartomo menyampaikan bahwa Penerapan Program K3 sangat penting bagi suatu perusahaan untuk mengendalikan resiko kecelakaan kerja saat bekerja.

“Preparation yang harus dilakukan dengan baik dan pengecekan mengenai persiapan alat-alatnya yang akan digunakan saat turun kelapangan, agar meminimalisir kecelakaan kerja lapangan,” tutur Dartomo.

Dartomo pun menyampaikan bahwa yang utama adalah kesiapan yang sudah dilakukan akan terlaksanakan saat turun ke lapangan, dan itu yang menjadi tantangan nantinya untuk lebih memperhatikan SOP dalam keamanan kerja di lapangan.

“Kami pun bersinergi secara intens bersama mitra kerja terkait pelayanan teknik distribusi untuk menjaga kinerja zero accident terutama pada lini bisnis distribusi sesuai dengan kebijakan dari K3 PLN,” katanya.

Dartomo menyampaikan bahwa selain dari sisi pelayanan pelanggan PLN pun berkomitmen untuk melaksanakan penguatan respon pelayanan pelanggan baik dari contact center 123 maupun dari aplikasi PLN Mobile untuk mempercepat respond time pengaduan pelanggan.

Dartomo pun menekankan bahwa tidak hanya skema keandalan yang penting untuk diperhatikan, namun skema pencegahan pun perlu ditekankan untuk menghindari berbagai risiko yang mungkin muncul.

“Penerapan manajemen risiko juga perlu dipetakan dan dikelola dengan baik untuk meminimalisir risiko terganggunya keandalan hingga risiko keselamatan petugas di lapangan,” ujarnya.

“Kami pun memastikan seluruh petugas dan seluruh peralatan memenuhi standar safety dalam bekerja untuk memastikan seluruh petugas kami bisa pulang ke rumah dengan selamat berkumpul kembali dengan keluarga,” tutup Dartomo.

PLN Mobile menjadi sarana pengaduan paling responsif yang menjadi rekomendasi PLN dan berbagai pihak untuk bersama-sama bisa melaporkan berbagai potensi risiko gangguan dan bahaya listrik di lingkungan masyarakat. 

Adapun aplikasi PLN Mobile dapat diunduh secara gratis dari Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS. (Fernando Rumetor)