Festival Monuntul Kotamobagu Masuk Calendar of Event Tahun 2024 Tingkat Provinsi

oleh


KOTAMOBAGU
– Penjabat Wali Kota Kotamobagu Asripan Nani secara resmi mencanangkan Festival Monuntul Kota Kotamobagu tahun 2024, di Alun-Alun Boki Hotinimbang, Sabtu (06/04).

Menurut Asripan, Festival Monuntul telah menjadi agenda tahunan yang dirayakan selama bulan suci Ramadhan. Namun katanya, untuk mengangkat festival ini ke tingkat nasional telah mendapat dukungan dan perhatian serius dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Pariwisata. “Pada beberapa bulan yang lalu, saya bersama kepala Dinas Pariwisata dan beberapa SKPD telah mempresentasikan keberadaan Festival Monuntul di hadapan Kementerian Pariwisata di Jakarta. Setelah itu, kami menerima penilaian dari Tim Independen Kementerian Pariwisata untuk menentukan apakah Festival Monuntul layak menjadi bagian dari Calendar of Event tingkat Nasional,” ungkap Asripan.

Upaya tersebut pun telah membuahkan hasil. Dimana, Festival Monuntul Kota Kotamobagu telah ditetapkan sebagai salah satu acara yang masuk dalam Calendar of Event Tahun 2024 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara. “Festival Monuntul ini bukan hanya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kota Kotamobagu, tetapi juga menjadi potensi besar untuk pariwisata daerah. Dengan statusnya sebagai agenda nasional, saya yakin festival ini akan semakin dikenal luas, bahkan akan menarik wisatawan dari luar Kota Kotamobagu,” teragnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta menegaskan komitmen untuk terus mengembangkan Festival Monuntul sebagai bagian dari warisan budaya dan potensi pariwisata daerah. “Dukungan dari berbagai pihak dan masyarakat sangatlah penting. Dengan kolaborasi yang kuat, kami yakin Festival Monuntul akan menjadi ajang tahunan yang semakin meriah dan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi lokal, serta citra pariwisata Kota Kotamobagu,” ujar Anki. (Novianti Kansil)